Smartphone Crypto dan Web3 ‘Saga’ Solana Bisa Dibeli Mulai 8 Mei 2023, Ini Harganya!

Smartphone Crypto dan Web3 ‘Saga’ Solana Bisa Dibeli Mulai 8 Mei 2023, Ini Harganya!

Smartphone cryptocurrency dan Web3 milik Solana, Saga, akan tersedia untuk dibeli pada hari Senin, 8 Mei 2023. Dibuat oleh OSOM, smartphone Android ini dirancang khusus untuk aplikasi Web3 dan memungkinkan pengguna untuk menyimpan aset crypto secara mandiri menggunakan fitur Seed Vault.

Seperti apa smartphone tersebut? apa saja fiturnya dan berapa harganya? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Seperti Apa Smartphone Saga Solana?

fitur smartphone saga solana
Sumber: Akun Twitter Solana Mobile

Solana Labs, Inc, perusahaan di balik ekosistem blockchain Solana, mengumumkan bahwa smartphone Saga akan tersedia untuk publik pada tanggal 8 Mei 2023, dengan pengiriman pre-order yang dilakukan pada tanggal 20 April 2023.

Seperti yang dinyatakan oleh akun Twitter Solana Mobile, tim ini bertujuan untuk memodernisasi cara orang berinteraksi dengan aset digital mereka untuk meningkatkan kegunaan dan meningkatkan keamanan. Smartphone ini dilengkapi dengan beberapa aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang sudah diinstal sebelumnya dan berjalan pada sistem operasi Android 13.

Ponsel ini dilengkapi dengan Seed Vault untuk menyimpan aset crypto dengan aman dan menawarkan penyimpanan 512 GB.

Selain itu, layar OLED 6,67 inci dipasangkan dengan pemindai sidik jari untuk keamanan ekstra. Perangkat mengisi daya menggunakan kabel USB-C dan dilengkapi dengan sistem dual-camera ultrawide 50MP dan 12MP. Seed Vault memastikan perlindungan kunci pribadi melalui perangkat keras yang aman dan enkripsi AES.

Baca Juga: Disebut ‘Code Canvas’, Platform NFT Seni Generatif Ini Hadir di Blockchain Solana!

Berapa Harga Smartphone Saga Solana?

harga smartphone saga solana
Sumber: Akun Twitter Solana Mobile

Didukung oleh “Solana Mobile Stack,” smartphone Web3 seharga $1.000 yang setara dengan Rp14,8 juta (kurs $1 = Rp14.800) ini juga menawarkan Solana Dapp Store yang saat ini menampung 16 dapp yang mencakup NFT, DAO, staking, dan banyak lagi.

Sebelumnya, tim Solana sudah mengungkapkan rencananya kepada publik untuk meluncurkan smartphone ini di event Solana Breakpoint 2022 lalu. Baca berita lengkapnya di Wih, Smartphone Solana Rilis di 2023. Intip Ringkasan Solana Breakpoint 2022!

Saga Solana bukanlah ponsel crypto-centric pertama. Sebelumnya ada ponsel Exodus HTC, aplikasi asli terintegrasi crypto Samsung Galaxy S10, dan smartphone blockchain Finney seharga $999 yang setara dengan Rp14,7 juta (kurs $1 = Rp14.800) dari Siren Labs.

Meskipun konsep Exodus dan Finney gagal mendapatkan daya tarik, Samsung masih menawarkan Samsung Blockchain Keystore SDK untuk sistem Android.

Smartphone Saga Solana ini dibuat oleh perusahaan teknologi yang mengutamakan privasi yang berbasis di Cupertino, OSOM. Didirikan oleh mantan karyawan Essential, Jason Keats, OSOM baru-baru ini menutup putaran pendanaan Seri A yang bermitra dengan Solana Mobile, mengumpulkan $25 juta pada 9 September 2022, menurut data Pitchbook.

Referensi: