Laporan Kuartal Kedua 2023: Industri Smart Contract Terus meningkat di Tengah Penurunan Pasar

author:

Laporan Kuartal Kedua 2023: Industri Smart Contract Terus meningkat di Tengah Penurunan Pasar

Meski beberapa pihak menganggap kuartal kedua 2023 sebagai periode yang sulit, industri smart contract tetap menunjukkan ketahanan yang luar biasa. Meski ruang crypto mengalami penurunan investasi dari perusahaan modal ventura, pengembang terus meneruskan penyebaran smart contract, menandakan permintaan yang tumbuh untuk solusi berbasis blockchain.

Dalam laporan Q2 2023-nya, platform blockchain BNB Chain mencatat peningkatan smart contract yang diverifikasi.

Peningkatan Smart Contract yang Diverifikasi

Salah satu indikator positif adalah peningkatan smart contract yang diverifikasi di berbagai blockchain. BNB Chain, bersama dengan platform seperti Ethereum, Polygon, Fantom, Avalanche, Arbitrum, dan Optimism, mencatat peningkatan persentase yang signifikan dalam smart contract yang diverifikasi selama periode ini. Lonjakan ini menunjukkan penekanan industri pada keamanan, keandalan, dan skalabilitas dalam ekosistem blockchain.

Jumlah smart contract yang diverifikasi setiap minggu dari September 2022 hingga akhir Juni 2023 – Sumber: BNB Chain

Meski kondisi pasar bearish, pengembang terus menerapkan smart contract, menandakan keyakinan mereka yang tak tergoyahkan pada potensi teknologi blockchain. Berdasarkan data yang dikumpulkan di Q2, BNB Chain juga menawarkan beberapa prediksi untuk tren potensial yang mungkin membentuk sisa tahun ini.

Baca juga: Revolusi Smart Contract, Marlowe Resmi Diluncurkan di Mainnet Cardano

Solusi layer-2 diharapkan terus mendapatkan momentum karena skalabilitas dan efektivitas biayanya. Seiring platform blockchain berusaha meningkatkan langkah-langkah keamanan mereka, akan ada peningkatan investasi dalam kriptografi canggih dan audit untuk memastikan integritas smart contract.

Ketahanan Industri Smart Contract

Ketahanan industri smart contract dapat diatribusikan ke beberapa faktor. Pertama, potensi teknologi untuk merevolusi berbagai sektor tetap menjadi kekuatan pendorong. Seiring pengembang terus mengeksplorasi dan menerapkan kasus penggunaan yang inovatif, permintaan untuk solusi berbasis blockchain tetap kuat.

Selain itu, adaptabilitas platform blockchain untuk menskalakan dan mengatasi berbagai tantangan memainkan peran yang signifikan. Solusi layer-2 telah muncul sebagai cara yang layak untuk meningkatkan skalabilitas jaringan blockchain dan mengurangi biaya transaksi, berkontribusi terhadap adopsi yang berkelanjutan meski volatilitas pasar.

Selanjutnya, peningkatan fokus pada keamanan smart contract mencerminkan kematangan industri. Mengakui pentingnya mengamankan aset digital dan transaksi, platform berinvestasi dalam metode kriptografi canggih dan audit menyeluruh.

Baca juga: Revolusi Etherscan dengan OpenAI, Tool Cerdas untuk Analisis Kode Smart Contract Ethereum!

Optimisme di Tengah Ketidakpastian Pasar

Meski harga pasar crypto rendah mempengaruhi pendanaan modal ventura di Q2, visi jangka panjang industri tetap optimis. Eksekutif dan ahli di ruang ini melihat potensi untuk pertumbuhan berkelanjutan dan percaya bahwa fundamental pasar yang mendasar akan mendorong kesuksesan di masa depan.

Industri smart contract telah menunjukkan ketahanannya di hadapan tantangan selama kuartal kedua 2023. Peningkatan smart contract yang diverifikasi di berbagai blockchain menunjukkan permintaan yang tumbuh untuk solusi berbasis blockchain dan menyoroti komitmen industri terhadap keamanan dan skalabilitas.

Dengan momentum solusi layer-2, kemajuan dalam keamanan smart contract, dan peningkatan yang diharapkan dalam pengawasan regulasi, industri ini siap untuk pertumbuhan dan pengembangan lebih lanjut sepanjang tahun. Meski kuartal penggalangan dana lemah, optimisme tetap ada di antara para pemimpin industri, mencerminkan keyakinan mereka dalam potensi jangka panjang ruang crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: