Masa Depan Crypto di Tangan Optimisme: Ini Dia Pengaruh Besarnya!

Masa Depan Crypto di Tangan Optimisme: Ini Dia Pengaruh Besarnya!

Apakah kamu tahu bahwa dunia crypto kini tengah berada di ambang revolusi teknologi? Optimisme, sebagai salah satu solusi skalabilitas Ethereum, menjanjikan transaksi yang lebih cepat dan biaya yang lebih murah. Mari kita selami lebih dalam bagaimana Optimisme bisa menjadi game changer dalam ekosistem crypto.

Optimisme, Pemecah Masalah Ethereum

Optimisme hadir sebagai jawaban atas masalah skalabilitas yang dihadapi Ethereum. Dengan teknologi rollup optimistik, transaksi di Optimisme dikumpulkan dalam batch dan kemudian diproses di blockchain Ethereum utama. Ini berarti gas fee yang jauh lebih rendah dan transaksi yang lebih cepat.

Dengan total nilai terkunci (TVL) sebesar $313 juta, Optimisme menempati posisi kedua sebagai solusi layer 2 Ethereum. Optimisme juga sedang mengembangkan Optimism Virtual Machine (OVM) yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM).

Baca Juga: BeamX: Terobosan Baru di Dunia Crypto untuk Masa Depan DeFi yang Lebih Privat!

Ini memungkinkan pengembangan dApps baru yang aman dan terintegrasi dengan baik di dalam ekosistem Ethereum. Dengan keunggulan ini, Optimisme tidak hanya mengurangi beban Ethereum tetapi juga membuka peluang baru bagi pengembang dan pengguna.

Token OP dan Airdrop yang Menggemparkan

optimism
Sumber: Medium

Token OP dari Optimisme diluncurkan dengan airdrop yang menciptakan kehebohan di komunitas. Sebanyak 214 juta token OP dibagikan secara gratis, dan ini hanya 5% dari total pasokan. Token ini memberikan hak partisipasi dalam The Optimism Collective, yang mengatur keputusan teknis dan pendanaan barang publik.

Namun, tidak semua berjalan mulus. Pada Juni 2022, terjadi insiden di mana Wintermute, yang ditugaskan mendistribusikan airdrop, memberikan alamat yang salah, sehingga seorang peretas berhasil mencuri 20 juta token OP. Meski demikian, insiden ini lebih disebabkan oleh kesalahan manusia daripada kelemahan teknis dari Optimisme itu sendiri.

Optimisme dan Masa Depan Crypto

Optimisme tidak hanya menawarkan solusi teknis yang canggih tetapi juga visi yang ambisius. Mereka percaya pada konsep “dampak = keuntungan”, di mana dampak positif terhadap kolektif harus dihargai dengan keuntungan bagi individu. Dengan pendekatan ini, Optimisme berpotensi menjadi model bagi sistem serupa di masa depan.

Dengan roadmap yang menjanjikan dan komunitas yang aktif dan optimis, Optimisme menunjukkan potensi besar. Langkah pertama menuju desentralisasi yang lebih besar adalah peluncuran update Bedrock pada kuartal pertama 2023, yang akan membawa inovasi lebih lanjut ke dalam ekosistem.

Paragraf Penutup

Dengan segala inovasi dan komitmen terhadap masa depan yang lebih baik, Optimisme menjanjikan era baru dalam dunia crypto. Apakah kamu siap menjadi bagian dari revolusi ini? Hanya waktu yang akan menjawab, namun satu hal yang pasti, mata kita harus terus tertuju pada perkembangan Optimisme.

Baca Juga: Kujira Mengubah Cara Kamu Berinvestasi: Terobosan Baru di Dunia Crypto!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

  • Coindesk. What is Optimism?. Diakses pada tanggal 11 Desember 2023
  • Charlie DeFi. Optimism. Diakses pada tanggal 11 Desember 2023