Rug Pull Safereum: Proyek Crypto Mencuri Lebih dari 730 Ethereum, Benarkah Terjadi?

Rug Pull Safereum: Proyek Crypto Mencuri Lebih dari 730 Ethereum, Benarkah Terjadi?

Dalam dunia crypto yang penuh gejolak, skandal baru-baru ini telah mengguncang komunitas. Safereum, proyek crypto yang sebelumnya dianggap aman, kini dituduh melakukan rug pull senilai $1,3 juta. Ironisnya, nama proyek ini mengandung kata “safe” atau aman, namun kenyataannya jauh dari harapan.

Safereum dan Skandal Rug Pull

Menurut CertiK, sebuah perusahaan analisis Blockchain, Safereum telah membuka kunci token SAFEREUM dan menukarnya dengan Ethereum (ETH). Kemudian, alamat tersebut mendistribusikan ETH ke berbagai dompet crypto dalam batch sebesar 45 ETH masing-masing.

Pengguna X (Twitter) mengklaim bahwa Safereum juga baru-baru ini mengumpulkan dana untuk token SAFEPAD.

Baca Juga: Pepecoin Buat Pola Bearish? Ini Prediksi Harga PEPE di Bulan September 2023!

Akun X (Twitter) memposting: “Safereum / Safepad baru saja melakukan rug pull paling gila yang pernah saya lihat, setelah menyelesaikan penjualan pra SAFEPAD 700 ETH mereka, mereka telah membuang lebih dari 600 ETH dari Safereum dan Safepad untuk satu kali keluar terakhir.”

Dampak Rug Pull Safereum

Safereum-Scam
CoinChapter

Akibat aksi rug pull ini, token Safereum (SAFEREUM) telah jatuh hampir ke nol. Sementara itu, pasar crypto yang lebih luas memberikan keuntungan 2 digit, seiring Bitcoin melintasi $34.000. Selain itu, Safereum juga telah menghapus akun X (Twitter) mereka, menambah kecurigaan tentang legitimasi proyek tersebut.

Beberapa pengguna juga melaporkan kompromi dengan proyek keuangan terdesentralisasi (DeFi) Orbiter Finance. Influencer crypto Neel Kukreti menyarankan untuk menghindari interaksi dengan proyek tersebut dan mencabut semua izin.

Tanggapan Komunitas dan Pelaku Industri

ZachXBT, seorang detektif crypto terkenal, telah menyerukan influencer media sosial ProTheDoge karena mempromosikan proyek tersebut sebagai mitra resmi. ZachXBT mengklaim bahwa ProTheDoge sebelumnya juga mempromosikan “sampah kap rendah bernama BAYC 2.0”.

Sementara itu, belum ada pengumuman resmi dari proyek tersebut di X. Sebelumnya, pada bulan Juni, BeInCrypto melaporkan bahwa server Discord Orbiter Finance telah diretas, yang mengakibatkan anggota komunitas kehilangan aset digital mereka, seperti token non-fungible (NFT), stablecoin, dan token crypto lainnya.

Paragraf Penutup

Skandal rug pull Safereum ini adalah contoh terbaru dari risiko yang terlibat dalam investasi crypto. Meskipun potensi keuntungan bisa sangat besar, kamu juga harus siap untuk kemungkinan kerugian yang signifikan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian yang cermat sebelum berinvestasi dalam proyek crypto apa pun.

Baca Juga: Gelombang Memecoin Mania: BALD Naik 289,000% dalam 14 Jam!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi