Skandal Pinjaman Alameda: Apakah Sam Bankman-Fried Terlibat?

Skandal Pinjaman Alameda: Apakah Sam Bankman-Fried Terlibat?

Dalam kasus hukum yang sedang berlangsung, tim hukum Sam Bankman-Fried, tokoh utama dalam dunia crypto, berusaha mendapatkan izin untuk memeriksa peran hukum dalam pinjaman yang diterima oleh Gary Wang, pendiri bersama FTX.

Peran Hukum dalam Pinjaman Alameda

Permintaan tim hukum Bankman-Fried ini muncul saat persidangan memasuki minggu kedua. Mereka ingin mengetahui sejauh mana nasihat hukum mempengaruhi Wang dalam menerima pinjaman dari Alameda Research, perusahaan saudara dari bursa crypto yang telah runtuh.

Baca Juga: Skandal Pinjaman $200 Juta: Pengacara Terlibat, Pendiri Bursa Crypto FTX Bertanya!

Selama persidangan, jaksa penuntut telah menanyakan tentang pinjaman sekitar $200 juta hingga $300 juta yang diterima Wang dari Alameda Research. Wang menggunakan dana ini untuk berbagai investasi ventura dan pembelian rumah di Bahamas.

Pertanyaan lain yang diajukan oleh tim hukum Bankman-Fried adalah siapa saja pengacara yang terlibat dan sejauh mana keterlibatan mereka dalam pinjaman tersebut. Mereka juga ingin mengetahui persisnya syarat pinjaman Wang, serta apakah pendiri bersama FTX ini memiliki kekhawatiran tentang pinjaman tersebut saat ia menandatanganinya.

Bankman-Fried dan Wang: Hubungan dan Kontroversi

gary wang ftx
Bloomberg.com

Bankman-Fried dan Wang telah berteman sejak SMA dan bersama-sama mendirikan FTX. Namun, Wang umumnya mempertahankan profil publik yang lebih rendah dibandingkan Bankman-Fried selama tahun-tahun aktivitas bursa crypto.

Berbeda dengan Bankman-Fried, Wang bersama dengan mantan CEO Alameda, Caroline Ellison, mengaku bersalah atas tuduhan federal yang mencakup pencucian uang, penipuan kawat, penipuan sekuritas, dan pelanggaran pembiayaan kampanye.

Testimoni Kunci dari Caroline Ellison

Ellison, mantan CEO Alameda, dijadwalkan untuk memberikan kesaksiannya setelah Wang. Kesaksiannya diharapkan dapat memberikan lebih banyak wawasan tentang peran hukum dalam pinjaman Alameda dan sejauh mana keterlibatan Bankman-Fried dalam skandal ini.

Paragraf Penutup

Kasus ini masih berlangsung dan hasilnya akan sangat menentukan bagi masa depan Bankman-Fried dan dunia crypto secara umum. Apakah Bankman-Fried akan terbukti bersalah atau tidak, hanya waktu yang akan menentukan.

Baca Juga: CEO Binance Tolak Permintaan $40 Juta dari Mantan CEO FTX, Apa Alasannya?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi