Grok, Meme Coin Terinspirasi Elon Musk, Alami Penurunan Hingga 74%

Grok, Meme Coin Terinspirasi Elon Musk, Alami Penurunan Hingga 74%

Grok, meme coin yang terinspirasi oleh bot AI milik Elon Musk, mengalami penurunan nilai hingga 74% setelah dituduh melakukan penipuan oleh detektif blockchain, ZachXBT.

Penyebab Jatuhnya Nilai Grok

ZachXBT, seorang penyelidik blockchain, mengungkapkan pada 13 November melalui postingan di X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) bahwa keberadaan Grok di dunia online tampaknya hanyalah sebuah kedok. Grok diduga menggunakan aset dari proyek yang sudah tidak berfungsi lagi, termasuk meme coin yang gagal bernama ANDY.

Baca Juga: Rencana Elon Musk Beli Twitter dan Gunakan DOGE di Twitter

Pengungkapan ini membuat nilai Grok turun drastis dari $0,027 menjadi hanya $0,007, penurunan sebesar 74,1%, dalam waktu 5 jam. Meski demikian, terjadi sedikit pemulihan yang membuat harga naik menjadi $0,011 menurut data DexTools.

Upaya Tim Grok Mengembalikan Kepercayaan

token grok elon musk ai melonjak
Sumber: CryptoSlate

Tim Grok berusaha keras untuk menyelamatkan reputasi token mereka dengan mentransfer sekitar $1,7 juta atau sekitar 90 juta token Grok ke alamat pembakaran, dalam upaya untuk mengurangi pasokan secara drastis. Langkah ini dikonfirmasi oleh data transaksi dari Etherscan.

Dalam upaya putus asa untuk memulihkan kepercayaan, tim Grok mengumumkan melalui akun X mereka pada 14 November bahwa semua token yang dialokasikan ke deployer telah dibakar, total sekitar 180 juta token Grok. Dengan nilai token saat ini, pembakaran ini mewakili sekitar $2 juta.

Implikasi Jatuhnya Nilai Grok

Pada puncaknya pada 13 November, Grok memiliki kapitalisasi pasar hampir $200 juta, menempatkannya di antara meme coin baru teratas untuk siklus investasi ini.

Namun, penting untuk berhati-hati karena volume perdagangan yang rendah menandakan risiko potensial bagi para pedagang yang terlibat dalam crypto GROKAI. Musk telah dengan tegas menyatakan bahwa tidak ada perusahaan miliknya, termasuk xAI, yang akan pernah membuat token cryptocurrency.

Paragraf Penutup

Pada saat penulisan, Bitcoin (CRYPTO: BTC) diperdagangkan pada $37.112, turun 0,19% dalam 24 jam terakhir, menurut Benzinga Pro. Skandal ini menjadi pelajaran berharga bagi para investor untuk selalu berhati-hati dalam berinvestasi, terutama dalam dunia crypto.

Baca Juga: Perusahaan Crypto Kirim Patung Rp9,3 Miliar ke Elon Musk, Tujuannya Bikin Geleng Kepala!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi