Skandal Pencurian Jutaan Dolar Ramaikan Dunia Crypto: Apakah Dompet Digitalmu Aman?

Skandal Pencurian Jutaan Dolar Ramaikan Dunia Crypto: Apakah Dompet Digitalmu Aman?

Dunia crypto kembali diguncang oleh insiden keamanan yang mengakibatkan kehilangan dana mencapai $3,3 juta. Protokol lintas-rantai Socket menjadi korban terbaru dalam serangkaian eksploitasi yang memanfaatkan celah keamanan. Kamu perlu waspada dan mengikuti perkembangan terkini untuk memastikan aset digitalmu tetap aman.

Eksploitasi Socket: Kerugian Mencapai $3,3 Juta

Serangan terhadap Socket terjadi ketika penyerang berhasil menguras dana dari pengguna yang sebelumnya memberikan persetujuan tak terbatas pada kontrak Socket. Tim Socket langsung mengambil tindakan dengan mempause semua kontrak yang terkait untuk mencegah kerugian lebih lanjut.

Kamu tidak perlu melakukan apa pun karena Socket telah mengidentifikasi masalah dan sedang bekerja keras untuk menanganinya. Dalam insiden ini, penyerang menggunakan persetujuan token dari alamat Ethereum yang berakhir dengan 97a5 untuk melakukan eksploitasi.

Baca Juga: Apakah ETF Bitcoin Spot Menjadi Penanda Krisis Pasar Crypto?

Analis blockchain Spreekaway menyarankan pengguna untuk mencabut semua persetujuan dari alamat ini. Socket menegaskan bahwa mereka telah mempause kontrak dan sedang menangani situasi tersebut.

Penipuan Phishing di Tengah Kekacauan

hacker china
Sumber: Tech Republic

Di tengah kekacauan yang terjadi, para penipu phishing mencoba memanfaatkan situasi untuk mencari korban baru. Sebuah akun palsu Socket memposting tautan ke aplikasi berbahaya dan mendesak pengguna untuk mencabut persetujuan mereka menggunakan aplikasi jahat lainnya.

Akun palsu tersebut memiliki kesalahan penulisan pada handle mereka, namun untungnya, akun tersebut telah dihapus dalam hitungan menit setelah postingan tersebut muncul. Kamu harus tetap waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mungkin muncul di media sosial.

Pastikan untuk selalu memeriksa keaslian akun dan tautan sebelum mengikuti instruksi yang diberikan. Keamanan aset digital tergantung pada kewaspadaanmu dalam menghadapi ancaman siber.

Dashboard Pemantauan Kerugian dan Negosiasi dengan Peretas

Untuk memantau kerugian yang terjadi akibat serangan ini, pengguna Dune Analytics bernama Beetle telah membuat dashboard. Dashboard ini memungkinkan pengguna untuk melacak semua kerugian yang terjadi dari serangan tersebut. Ini adalah langkah penting untuk transparansi dan pemahaman yang lebih baik tentang dampak serangan.

Di sisi lain, protokol Gamma juga mencoba bernegosiasi dengan peretas setelah mengalami eksploitasi senilai $3,4 juta. Upaya negosiasi ini menunjukkan bahwa dunia crypto sedang mencari solusi untuk mengatasi masalah keamanan yang semakin meningkat.

Paragraf Penutup

Insiden keamanan di dunia crypto seperti yang terjadi pada Socket adalah pengingat penting bahwa keamanan aset digital adalah prioritas utama. Kamu harus selalu mengikuti praktik terbaik dalam keamanan siber dan memantau akun serta asetmu secara berkala.

Dengan meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan, kita dapat bersama-sama mengurangi risiko kerugian di masa depan.

Baca Juga: Upaya Peretasan Bitfinex Gagal: Transaksi XRP Senilai $15 Miliar Tidak Berhasil

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi