Skandal Pencurian Jutaan Dolar di dYdX: Pelaku Teridentifikasi!

author:

Skandal Pencurian Jutaan Dolar di dYdX: Pelaku Teridentifikasi!

Dalam dunia crypto yang penuh gejolak, serangan siber menjadi momok yang menakutkan bagi para pelaku pasar. Baru-baru ini, dYdX, sebuah bursa crypto desentralisasi, mengungkapkan hasil post-mortem dari serangan yang terjadi pada November lalu.

Serangan tersebut dilaporkan berhasil menguras $9 juta dari dana asuransi mereka, dan kini pelaku telah teridentifikasi dengan langkah hukum yang sedang dipertimbangkan.

Modus Operandi Serangan

serangan hacker dydx
Sumber: X

Serangan yang terjadi di dYdX dilakukan dengan cara yang cukup canggih. Pelaku menggunakan lebih dari 100 dompet digital untuk membuka posisi long dengan leverage 5x pada pasangan YFI-USD.

Baca juga: Radiant Capital Melaporkan Eksploitasi Kerugian Ethereum Sebesar $4,5 Juta!

Dengan memanipulasi harga YFI hingga naik 215%, pelaku berhasil menggelembungkan keuntungan yang belum direalisasikan hingga mencapai $50 juta. Namun, ketika harga YFI anjlok, pelaku gagal menutup posisi mereka dan dana asuransi dYdX harus menanggung kerugian tersebut. Serangan tersebut tidak hanya sekali terjadi.

Sepekan sebelum insiden YFI, pelaku menggunakan strategi yang sama untuk menyerang pasangan SUSHI-USD, menghasilkan keuntungan sekitar $5 juta. Namun, kali ini dYdX berhasil menghindari kerugian lebih lanjut dengan menaikkan persyaratan margin awal menjadi 100%. Langkah ini mencegah pelaku mendapatkan keuntungan lebih dari manipulasi pasar.

Langkah Pencegahan dan Tindakan Hukum

Menanggapi serangan tersebut, dYdX telah memperbarui platform perdagangan v3 mereka dengan meningkatkan sistem pemantauan dan peringatan untuk posisi terbuka.

Baca juga: Terungkap! Kerugian Akibat Peretasan atau Serangan di Crypto Menurun Tajam hingga 53%!

Selain itu, rantai v4 yang telah ditingkatkan dirancang untuk mencegah risiko serupa dengan fitur baru yang menyesuaikan fraksi margin awal secara otomatis jika terjadi fluktuasi harga yang abnormal.

Sementara itu, dYdX juga sedang mengeksplorasi jalur hukum terhadap pelaku yang telah diidentifikasi. Mereka telah melakukan kontak dengan individu tersebut dan sedang mempertimbangkan langkah-langkah hukum yang tepat. Hal ini menunjukkan keseriusan dYdX dalam menangani insiden keamanan dan melindungi dana pelanggan mereka.

Secara keseluruhan, meskipun serangan tersebut berhasil menguras sebagian besar dana asuransi dYdX, perusahaan menegaskan bahwa dana pelanggan tidak terpengaruh. Kejadian ini menjadi pelajaran berharga bagi industri crypto untuk terus meningkatkan keamanan dan kesiapsiagaan terhadap serangan siber.

dYdX kini berada di garis depan dalam memerangi manipulasi pasar dan melindungi aset digital pelanggan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: