Skandal Pembobolan Besar, HTX Kehilangan Kepercayaan Investor!

Skandal Pembobolan Besar, HTX Kehilangan Kepercayaan Investor!

Kerugian besar menimpa bursa crypto HTX yang dikaitkan dengan Justin Sun, menyusul kebocoran dana senilai $258 juta setelah insiden peretasan yang mengakibatkan kerugian $30 juta. Kejadian ini memicu kepanikan di kalangan investor yang berbondong-bondong menarik aset mereka dari HTX, menciptakan ketidakstabilan di pasar crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Aliran Dana Keluar Massal

Setelah insiden peretasan pada 22 November, HTX mengalami penarikan dana bersih yang mencapai $258 juta. Data dari DefiLlama menunjukkan bahwa antara 25 November, saat HTX melanjutkan layanannya, hingga 10 Desember, terjadi aliran keluar dana yang signifikan. Komposisi cadangan HTX didominasi oleh Bitcoin (BTC) sebesar 32,3% dan Tron (TRX) sebesar 31,8%, dengan TRX merupakan mata uang asli dari jaringan Tron yang diluncurkan oleh Sun pada tahun 2017.

Menurut data CoinMarketCap, HTX saat ini berada di peringkat ke-16 sebagai bursa crypto dengan volume perdagangan harian terbesar. Dalam 24 jam terakhir, volume perdagangan HTX mencapai total $1,6 miliar. Justin Sun berjanji akan mengganti kerugian pengguna HTX yang terdampak dan menyatakan bahwa investigasi sedang berlangsung.

Baca Juga: Justin Sun Janjikan Airdrop untuk Pengguna HTX dan Poloniex Pasca Serangan Hacker!

Seri Peretasan yang Tak Kunjung Usai

peretasan htx

Dalam dua bulan terakhir, HTX dan entitas lain yang terkait dengan Sun, seperti bursa crypto Poloniex dan jembatan HTX Eco Chain (HECO), telah mengalami empat kali peretasan. Peretasan pertama terjadi tak lama setelah HTX mengganti mereknya, dengan kerugian hampir $8 juta pada 24 September 2023. Peretasan terbesar terjadi di bursa Poloniex dengan kerugian $100 juta pada 10 November, yang diduga disebabkan oleh kompromi kunci pribadi.

Jembatan HECO Chain HTX juga mengalami pelanggaran keamanan besar pada 22 November. Para peretas berhasil mengkompromikan HECO dan mengirimkan setidaknya $86,6 juta ke alamat yang mencurigakan. Bulan November tercatat sebagai bulan terburuk untuk pencurian crypto pada tahun 2023, dengan para peretas berhasil mengambil $363 juta aset digital secara ilegal.

Krisis kepercayaan yang melanda HTX setelah serangkaian peretasan menjadi peringatan keras bagi industri crypto. Investor kini lebih waspada dan mempertimbangkan risiko keamanan sebagai faktor utama dalam memilih bursa crypto. HTX, yang belum memberikan tanggapan resmi, dihadapkan pada tantangan untuk memulihkan reputasi dan menjamin keamanan aset penggunanya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: