Terbongkarnya Kesepakatan Tersembunyi FTX: Pembelian Embed Oleh SBF Mencuat ke Publik!

Terbongkarnya Kesepakatan Tersembunyi FTX: Pembelian Embed Oleh SBF Mencuat ke Publik!

Perkembangan terkini dari kejatuhan bursa crypto FTX membawa lebih banyak drama ke permukaan. Sebuah kesepakatan yang sebelumnya tidak diketahui antara pihak debitur FTX dan eks CEO Sam Bankman-Fried (SBF) terkait dengan pengambilalihan Embed telah terkuak. Hal ini memicu gelombang pertanyaan dan dugaan dari para investor serta analis di sektor crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kesepakatan Tersembunyi dengan SBF Terkuak

Debitur FTX telah mengungkapkan sebuah proposal penyelesaian yang berkaitan dengan akuisisi Embed, sebuah langkah yang dilakukan oleh FTX US, cabang FTX di Amerika, dengan nilai transaksi mencapai $220 juta pada Juni 2022.

Transaksi ini dilaksanakan melalui penerbitan dua perjanjian ekuitas masa depan kepada SBF, yang mengejutkan banyak pihak karena kurangnya proses due diligence. Pengacara yang mewakili manajemen FTX menegaskan bahwa kesepakatan ini merupakan tindakan yang paling menguntungkan bagi kreditur dan stakeholder.

Mereka juga menambahkan bahwa kesepakatan ini akan memastikan pengembalian nilai penuh yang telah diberikan kepada SBF melalui perjanjian tersebut. SBF juga telah menyerahkan semua hak atas aset yang dimilikinya di Embed.

Baca Juga: Kesaksian SBF: Ungkapan Penting dari Sam Bankman-Fried selama Sidang

Penyelesaian Klaim dan Restitusi Aset

klaim dan restitusi aset
Sumber: Kroll

Proposal penyelesaian yang diajukan ini hanya menargetkan sebagian dari kompleksitas kasus kebangkrutan yang melibatkan Embed dan SBF. Ini tidak termasuk seluruh aset yang sedang diproses oleh bursa untuk menangani klaim kreditur. FTX mengajukan kebangkrutan pada November 2022, dan SBF mengundurkan diri sebelum akhirnya dihadapkan pada tujuh tuduhan kriminal di Amerika Serikat.

Pada 19 Desember, debitur FTX mengumumkan rencana untuk mengkonsolidasikan aset dengan FTX Digital Markets, divisi perusahaan di Bahama. Langkah ini merupakan upaya terkini dari debitur untuk mengatur aset perusahaan dan membayar kembali kreditur sesuai dengan rencana reorganisasi yang diajukan.

Baca Juga: SBF Terancam Bersalah, Ditemukan Hilangnya Dana Rp128 Triliun!

Dampak pada Industri Crypto

Perkara ini menyoroti kebutuhan akan transparansi dan due diligence yang lebih ketat dalam transaksi akuisisi di ranah crypto. Investor dan analis kini menjadi lebih berhati-hati terhadap kemungkinan risiko dari kesepakatan yang kurang transparan.

Insiden antara FTX dan Embed ini akan menjadi contoh penting bagi regulasi dan praktik terbaik di industri crypto di masa mendatang. Kesepakatan ini juga menandai fase baru dalam saga FTX, yang telah menimbulkan keraguan di kalangan publik terhadap sektor crypto.

Seiring berjalannya waktu, diharapkan lebih banyak informasi akan terungkap, memberikan pelajaran yang berharga bagi semua pihak yang terlibat.

Pengungkapan kesepakatan antara debitur FTX dan Sam Bankman-Fried membuka babak baru dalam kasus kebangkrutan FTX. Kesepakatan ini tidak hanya krusial untuk pemulihan aset dan penegakan keadilan bagi kreditur, tetapi juga memberikan pandangan mendalam tentang praktik transaksi besar yang terjadi di belakang layar di dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: