Skandal Pastor Denver: Penyalahgunaan Dana Jutaan Dolar dari Penjualan Token Crypto

Skandal Pastor Denver: Penyalahgunaan Dana Jutaan Dolar dari Penjualan Token Crypto

Seorang pastor di Denver, Eli Regalado, bersama istrinya, Kaitlyn, terjerat dalam skandal penyalahgunaan dana. Mereka dituduh menggelapkan dana sebesar $1,3 juta, yang dikumpulkan melalui penjualan token crypto bernama INDXcoin. Kasus ini mengejutkan banyak pihak dan mengungkap sisi gelap dari transaksi crypto yang tidak teratur.

Awal Mula Skema Penipuan

Pasangan Regalado memulai skema penipuan mereka dengan menciptakan INDXcoin dan menawarkannya kepada komunitas Kristen di area Denver melalui Kingdom Wealth Exchange, sebuah bursa crypto online.

Mereka berhasil mengumpulkan lebih dari $3 juta dari penjualan token ini. Namun, auditor pihak ketiga menemukan bahwa INDXcoin tidak aman, tidak terjamin, dan penuh dengan masalah teknis.

Baca Juga: Pengadilan Kriminal Pendiri Tornado Cash: Pertarungan Privasi Crypto yang Menentukan

Meskipun laporan auditor tersebut, pasangan Regalado terus mempromosikan INDXcoin sebagai investasi berisiko rendah dengan keuntungan tinggi.

Kenyataannya, INDXcoin hampir tidak memiliki nilai likuidasi dan dana yang terkumpul digunakan untuk membiayai gaya hidup mewah mereka, termasuk pembelian Range Rover, tas tangan mewah, perhiasan, sewa perahu, dan petualangan snowmobile.

Tanggapan dan Pembelaan Pastor Regalado

Tanggapan dan Pembelaan Pastor Regalado
News Cafe

Menghadapi tuduhan ini, Pastor Regalado memberikan pernyataan video, mengakui penerimaan $1,3 juta. Dia mengklaim bahwa setengah dari jumlah tersebut dibayarkan kepada IRS dan $200.000 digunakan untuk renovasi rumah atas perintah Tuhan. Pastor Regalado juga menyatakan bahwa kegagalan teknologi bursa yang mereka luncurkan menyebabkan investor crypto tidak dapat menarik dana mereka.

Dalam pernyataannya, Pastor Regalado mengatakan bahwa mereka menunggu “keajaiban dari Tuhan” setelah mengalami kegagalan teknologi. Banyak pendukungnya memberikan dukungan dan doa melalui komentar di video tersebut.

Tindakan Hukum dan Dampaknya

Komisioner Sekuritas Colorado, Tung Chan, telah mengajukan tuntutan penipuan sipil terhadap pasangan Regalado. Jaksa penuntut Colorado meminta bantuan hukum awal, ganti rugi bagi investor, dan pembentukan trust konstruktif atas properti Regalado. Mereka dijadwalkan untuk tampil di Pengadilan Distrik Denver dalam waktu dekat.

Kasus ini menyoroti pentingnya regulasi yang lebih ketat dalam transaksi crypto untuk melindungi investor dari skema penipuan. Kejadian ini juga menjadi peringatan bagi investor untuk lebih berhati-hati dan melakukan penelitian menyeluruh sebelum berinvestasi dalam aset digital.

Baca Juga: JPMorgan Prediksi Masa Sulit untuk Pasar Crypto, Turunkan Peringkat Saham Coinbase

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab p

Referensi: