SUI Network: Skandal Manipulasi Pasar Runtuhkan Nilai Token SUI, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

SUI Network: Skandal Manipulasi Pasar Runtuhkan Nilai Token SUI, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Token SUI mengalami penurunan drastis hingga mencapai titik terendah sepanjang masa, setelah tuduhan serius tentang manipulasi pasar crypto oleh regulator Korea Selatan. Nilai token ini turun 9% setelah laporan yang mempertanyakan apakah pasokan SUI dimanipulasi melalui staking.

Tuduhan Manipulasi Pasar oleh Regulator Korea Selatan

SUI, token asli dari teknologi blockchain Sui Network, mencapai titik terendah sepanjang masa sebesar $0,367 pada hari Rabu, setelah tuduhan tersebut, sebelum melakukan pemulihan minor. Penurunan drastis ini terjadi setelah tuduhan baru tentang manipulasi pasar muncul di tengah investigasi oleh otoritas regulasi Korea Selatan.

Otoritas menduga bahwa tim Sui memanipulasi pasokan token. Beberapa laporan telah melaporkan bahwa Lee Bok-Hyeon, direktur regulator, telah menyatakan bahwa otoritas akan memeriksa perilaku SUI dan memeriksa apakah tim telah sengaja mengembangkan pasokan token.

Baca Juga: DeepBook: Lapisan Likuiditas Pertama di Sui Network yang Membuka Era Baru DeFi!

Yayasan Sui dengan tegas membantah tuduhan manipulasi pasar yang ditujukan terhadap proyek dan timnya, dan mengeluarkan klarifikasi melalui X.

Tim membantah penjualan token SUI apa pun setelah Program Akses Komunitas (CAP) awal. Tim juga menekankan bahwa mereka berkomitmen terhadap transparansi dan kepatuhan.

Investigasi oleh Otoritas Korea Selatan

pendanaan blockchain busan
Sumber: The Block

Menurut laporan, Layanan Pengawasan Keuangan (FSS) Korea Selatan berencana untuk meluncurkan investigasi terhadap token SUI dan distribusinya. Hal ini terjadi setelah tuduhan yang dibuat oleh Min Byeong-deok, seorang anggota parlemen dari Partai Demokrat Korea.

Min mengklaim bahwa Yayasan Sui membayar dirinya sendiri bunga dengan staking koin yang seharusnya tetap dalam pasokan non-sirkulasi. Min juga menuduh bahwa alasan penurunan token SUI adalah karena Yayasan Sui telah berbohong tentang berapa banyak token yang beredar.

Perjuangan Token SUI

Sementara itu, setelah perkembangan terbaru, token SUI telah jatuh, turun lebih dari 9% dalam waktu seminggu. Menurut data yang diperoleh dari CoinGecko, SUI turun ke titik terendah sepanjang masa sebesar $0,367.

Namun, token ini mampu melakukan pemulihan kecil setelah penurunan ini. Saat ini, harga token SUI berfluktuasi antara kisaran harga $0,36 dan $0,39 dan telah mencatat volume perdagangan sebesar $54 juta, menurut CoinGecko.

Nilai token kemungkinan akan tetap tertekan berkat investigasi yang akan segera dilakukan oleh otoritas Korea Selatan. Sampai tuduhan ini diselesaikan, prospek token akan tetap negatif.

Paragraf Penutup

Meski Yayasan Sui membantah tuduhan tersebut, token SUI masih berjuang untuk memulihkan nilainya. Dengan investigasi yang akan dilakukan oleh regulator Korea Selatan, masa depan token ini masih belum jelas. Apakah kamu sebagai investor harus khawatir? Hanya waktu yang akan menjawab.

Baca Juga: Sui Network (SUI) Capai Pertumbuhan Eksplosif dengan 1 Juta Alamat Aktif!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi