Skandal Iklan Crypto di Spanyol: Platform X (Twitter) dan Miolos Terancam Sanksi!

Skandal Iklan Crypto di Spanyol: Platform X (Twitter) dan Miolos Terancam Sanksi!

Regulator pasar sekuritas utama Spanyol, Komisi Pasar Saham Nasional (CNMV), menyoroti promosi aset crypto yang menyesatkan di X (sebelumnya Twitter) dan menegaskan kewajiban perusahaan untuk mematuhi hukum setempat. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Twitter (X) Dalam Sorotan

CNMV telah membuka investigasi terhadap X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, atas dugaan pelanggaran aturan iklan crypto.

Rodrigo Buenaventura, kepala CNMV, dalam pidatonya pada konferensi tahunan Deloitte untuk sektor keuangan Spanyol di Madrid, mengungkapkan bahwa iklan yang dipertanyakan “membuat penggunaan ilegal terhadap citra beberapa aktor Spanyol dan desain serta identitas media nasional untuk mencoba mendapatkan data dan uang dari investor.”

Buenaventura mengingatkan bahwa peraturan Spanyol menuntut “perusahaan internet, media, dan jaringan sosial” untuk mengambil tindakan terhadap promosi investasi oleh entitas yang tidak berlisensi dan menyarankan sanksi atas ketidakpatuhan. Dia juga berjanji bahwa agensi akan menangani kasus ini dengan serius.

Baca Juga: Awal Baru Pasar Modal Eropa, Securitize Mulai Tokenisasi Aset di Spanyol

Miolos Terancam Sanksi

miolos iklan crypto
The image created by OpenAI

Pada tanggal 8 November, CNMV membuka kasus pertamanya terhadap penyedia teknologi karena melanggar aturan promosi crypto di negara tersebut. CNMV telah memulai “proses sanksi” terhadap Miolos untuk dua kampanye iklan “masif” pada September dan November 2022.

Perusahaan tersebut diduga gagal mencantumkan peringatan risiko atau mengajukan kampanye untuk otorisasi CNMV. Spanyol telah menyatakan niatnya untuk menerapkan kerangka kerja crypto Uni Eropa yang pertama — Regulasi Pasar dalam Aset Crypto (MiCA) — bahkan lebih awal dari batas waktu Juli 2026 untuk negara anggota UE untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan investor.

Dengan adanya kasus ini, CNMV berharap dapat memberikan peringatan kepada publik tentang pentingnya mengikuti dan menghormati regulasi yang ada. Selain kasus Miolos, regulator juga sedang menyelidiki empat pelanggaran potensial lainnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: