Skandal Terungkap! Direktur Dana Crypto Dilarang Beroperasi Setelah Rugikan Investor Jutaan Dolar!

Skandal Terungkap! Direktur Dana Crypto Dilarang Beroperasi Setelah Rugikan Investor Jutaan Dolar!

Jakarta, Pintu News – Dunia crypto baru-baru ini diguncang oleh berita mengejutkan dari Australia, di mana Brian Jacques Creigh, direktur Panacea Capital Pty Ltd, dilarang permanen oleh Komisi Sekuritas dan Investasi Australia (ASIC) dari berpartisipasi dalam industri jasa keuangan. Keputusan ini diambil setelah terungkap bahwa Creigh telah mengoperasikan Panacea Capital Cryptocurrency Investment Fund tanpa lisensi yang valid dan terlibat dalam perilaku menyesatkan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Janji Manis Berujung Petaka

Creigh ditemukan telah memberikan informasi palsu dan menyesatkan kepada investor, termasuk klaim bahwa Panacea Capital memberikan jaminan modal atas investasi, telah beroperasi sejak 2016, dan menargetkan pengembalian 120% hingga 150%. Faktanya, hanya Creigh dan satu orang lainnya yang merupakan karyawan perusahaan, berbeda jauh dari klaim bahwa Panacea Capital terdiri dari tim-tim ahli.

Lebih parah lagi, Creigh mengalihkan dana yang diinvestasikan ke skema investasi LAG Fund di luar negeri, yang ternyata merupakan penipuan investasi, menyebabkan investor kehilangan sekitar $7,7 juta. ASIC menilai Creigh tidak memiliki pelatihan atau kompetensi yang memadai karena gagal merespons tanda-tanda peringatan bahwa dia sedang berurusan dengan penipu.

Baca Juga: Prediksi Bullish Bernstein: Harga Bitcoin (BTC) Berpotensi ke $90.000!

Pengawasan Ketat ASIC Terhadap Pasar Crypto

pengawasan ketat asic
Pendapatan Kripto di Australia. Sumber: Statista

ASIC telah meningkatkan pengawasannya terhadap pasar crypto, yang diperlukan di tengah perkiraan pertumbuhan pendapatan crypto di Australia. Menurut Statista, pendapatan crypto di Australia diperkirakan akan melonjak menjadi $1,65 miliar pada tahun 2028.

Dalam beberapa bulan terakhir, ASIC juga mengambil tindakan terhadap entitas global seperti Binance, menyoroti komitmen regulator untuk melindungi investor dari praktik tidak etis di industri crypto.

Baca Juga: Bitcoin: Harga di Bawah $57.000 Bisa Pertahankan Pasar Bull?

Dampak Lebih Luas dan Pelajaran yang Dipetik

Skandal ini menyoroti pentingnya transparansi dan kejujuran dalam operasi dana investasi crypto. Investor disarankan untuk melakukan due diligence secara menyeluruh sebelum menanamkan modal mereka.

Kasus ini juga menegaskan kembali pentingnya regulasi yang kuat dan pengawasan yang efektif untuk mencegah penipuan dan melindungi kepentingan investor di pasar crypto yang dinamis namun berisiko ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: