Skandal Depegging TrueUSD Guncang Dunia Crypto: Apa yang Terjadi?

author:

Skandal Depegging TrueUSD Guncang Dunia Crypto: Apa yang Terjadi?

Ketidakstabilan mata uang crypto kembali menjadi sorotan setelah TrueUSD (TUSD), stablecoin yang terkait dengan Justin Sun, terdepak dari nilai tukar $1. Kejadian ini memicu kepanikan di kalangan pemegang TUSD yang bergegas menukarkan aset mereka dengan Tether (USDT), menyebabkan penurunan nilai TUSD hingga $0,985.

Apa yang sebenarnya terjadi di balik layar?

Depegging Mendadak TrueUSD

TrueUSD mengalami penurunan nilai tukar yang signifikan di bawah $1 pada pertengahan Januari, mencapai titik terendah $0,984. Pada saat ini, TUSD diperdagangkan di kisaran $0,988, menunjukkan penurunan 1,3% dari nilai pegnya.

Baca juga: Geger! Justin Sun Kirim Dana Jumbo Berbentuk USDT ke Binance Saat Pasar Crypto Terguncang

Patokan TUSD mulai jatuh tepat setelah tengah malam pada 15 Januari 2024, di tengah hiruk-pikuk penjualan di Binance. Sumber: CoinMarketCap

Binance, salah satu bursa crypto terbesar, mencatat volume penjualan TUSD yang luar biasa, dengan penjualan lebih dari $339,2 juta dalam 24 jam terakhir. Kekhawatiran muncul ketika TrueUSD mengalami kesulitan dalam menyajikan bukti cadangan dana secara real-time.

Laporan dari Protos menunjukkan adanya masalah teknis pada API mereka, yang tidak dapat menampilkan nilai dolar AS dari aset jaminannya. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa TUSD mungkin tidak sepenuhnya didukung oleh cadangan yang memadai.

Arbitrase dan Kekhawatiran Penarikan

Seorang pengguna dengan nama samaran Rho Rider pertama kali menyoroti masalah TUSD pada Desember lalu, dengan menunjukkan adanya peluang arbitrase yang tidak dimanfaatkan. TUSD diperdagangkan hingga 8% di bawah pegnya di Poloniex, sementara harganya tetap stabil di sekitar $0,99 di Binance.

Namun, pengguna Poloniex menghadapi kendala dalam melakukan penarikan atau deposit TUSD, yang membuat peluang arbitrase tersebut tidak dapat dilakukan. Selain itu, ada kekhawatiran yang berkembang di kalangan pengguna crypto terkait dengan tidak terdaftarnya TUSD sebagai salah satu aset dalam inisiatif Manta Launchpool oleh Binance. Hal ini menambah spekulasi mengenai alasan di balik penjualan besar-besaran TUSD.

Baca juga: 7 Stablecoin Terpopuler Saat Ini, USDC Urutan Keberapa?

Respons TrueUSD dan Implikasi Pasar

Menanggapi situasi ini, TrueUSD menyatakan bahwa aktivitas penambangan komunitas yang terkait dengan Binance Launchpool telah menciptakan peluang arbitrase jangka pendek. Menurut mereka, ini merupakan bagian dari dinamika pasar normal dan penyesuaian likuiditas.

TrueUSD menegaskan bahwa mereka terus melakukan attestasi bisnis seperti biasa dan menolak klaim yang menyebutkan sebaliknya. Pasar crypto saat ini sedang mengamati dampak dari depegging TUSD terhadap kepercayaan investor dan stabilitas pasar stablecoin secara keseluruhan.

Kejadian ini menunjukkan pentingnya transparansi dan kepercayaan dalam ekosistem crypto, terutama terkait dengan stablecoin yang seharusnya memberikan kestabilan.

Pada akhirnya, insiden depegging TUSD menjadi peringatan bagi pasar crypto tentang pentingnya kepercayaan dan transparansi dalam mengelola stablecoin. Kejadian ini juga menyoroti kerentanan aset digital terhadap perubahan pasar yang cepat dan dinamis.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: