Dokumenter ‘Bitconned’ di Netflix: Skandal Crypto Penuh Konspirasi yang Wajib Kamu Tonton!

Dokumenter ‘Bitconned’ di Netflix: Skandal Crypto Penuh Konspirasi yang Wajib Kamu Tonton!

Dalam dunia yang semakin terobsesi dengan kekayaan cepat, sebuah dokumenter Netflix terbaru, “Bitconned”, mengungkap kisah nyata di balik salah satu skandal crypto terbesar. Dari mimpi menjadi kaya raya hingga terjerumus dalam dunia kejahatan, dokumenter ini menawarkan pandangan mendalam tentang bagaimana ambisi dan keserakahan dapat mengarah pada penipuan yang canggih.

Awal Mula Mimpi yang Menyesatkan

bitconned
UNILAD

Ray Trapani, dengan senyumnya yang penuh percaya diri, membuka kisahnya dalam dokumenter “Bitconned”. Bermimpi menjadi kaya sejak kecil, Trapani tidak akan berpikir dua kali untuk mencantumkan keinginannya menjadi penjahat jika itu memungkinkan. Kisahnya dimulai dari kota kecil di Atlantic Beach, New York, di mana dia dan teman-temannya mulai berbisnis dengan cara yang salah.

Baca Juga: Skandal Crypto Terungkap: Dari Penipuan Jutaan Dolar Hingga Kebangkitan Teknologi Baru

Dari menggunakan resep dokter yang dicuri untuk mendapatkan obat-obatan hingga menyewakan mobil mewah di Miami, Trapani selalu mencari celah dalam sistem. Namun, ketika pengeluaran mulai tidak terkendali, dia harus mencari skema baru untuk bertahan hidup.

Skema Crypto yang Menipu Dunia

Centra Tech crypto
The New York Times

Berkat informasi dari teman sekolahnya, Sam “Sorbee” Sharma, Trapani menemukan potensi pasar crypto yang baru dan belum diatur. Bersama Sharma, dia mendirikan Centra Tech, sebuah perusahaan yang menjanjikan kekayaan cepat melalui penawaran koin awal untuk mata uang crypto bernama Centra. Namun, di balik janji-janji manis tersebut, terdapat penipuan besar yang siap menjerat banyak korban.

Centra Tech, dengan klaim palsu tentang kartu debit yang dapat menggunakan mata uang crypto dan tim eksekutif berpengalaman, menjadi simbol dari apa yang salah dengan dunia crypto. Nathaniel Popper, jurnalis New York Times yang mengungkap penipuan ini, menyatakan bahwa Centra Tech adalah cerminan dari industri crypto itu sendiri: penuh dengan janji tapi selalu gagal memenuhinya.

Pelajaran dari Kisah Nyata

Awal Mula Mimpi yang Menyesatkan
Roger Catlin

“Bitconned” tidak hanya mengungkap skandal besar, tapi juga memberikan pelajaran tentang bagaimana industri yang tidak diatur dapat menjadi lahan subur untuk penipuan. Kisah Trapani dan Sharma mengingatkan kita bahwa di balik janji kekayaan cepat, sering kali terdapat risiko besar yang tidak terlihat.

Dokumenter ini menjadi pengingat penting bahwa dalam dunia investasi, terutama di bidang yang baru dan belum diatur seperti crypto, kehati-hatian dan pengetahuan adalah kunci untuk menghindari menjadi korban selanjutnya.

Baca Juga: Skandal Centra Tech, Peolopor Crypto, dalam Dokumenter Netflix ‘Bitconned’, Apa yang Terjadi?

Dalam era digital ini, “Bitconned” menjadi mustahak untuk ditonton, memberikan wawasan tentang bagaimana keserakahan dan ambisi dapat mengarah pada kehancuran. Kisah nyata ini mengajarkan kita untuk selalu berhati-hati dan tidak mudah tergiur oleh janji kekayaan instan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: