Skandal Centra Tech, Peolopor Crypto, dalam Dokumenter Netflix ‘Bitconned’, Apa yang Terjadi?

Skandal Centra Tech, Peolopor Crypto, dalam Dokumenter Netflix ‘Bitconned’, Apa yang Terjadi?

Dunia crypto kembali diguncang dengan terungkapnya salah satu skandal terbesar dalam sejarah industri ini melalui dokumenter Netflix yang berjudul “Bitconned”. Dokumenter ini mengungkap kisah Centra Tech, sebuah perusahaan yang sempat dielu-elukan sebagai pelopor di dunia crypto, namun ternyata hanyalah sebuah konstruksi rapuh yang didirikan atas kebohongan.

Awal Mula Skandal Centra Tech

Pada puncak kegilaan crypto tahun 2017, Centra Tech meluncurkan penawaran koin awal (ICO) untuk cryptocurrency Centra, bersamaan dengan kartu Centra yang dijanjikan dapat digunakan untuk bertransaksi di tempat yang menerima Visa.

Baca Juga: XEN Crypto: Revolusi Mata Uang Digital untuk Massa

Namun, balik gempuran pemasaran yang agresif, tersembunyi serangkaian penipuan yang melibatkan pembuatan CEO fiktif, profil online palsu, dan klaim kemitraan yang tidak benar dengan institusi keuangan besar seperti Bancorp, Visa, dan Mastercard.

Penipuan dan Pengungkapan

Centra Tech crypto
BookJelly

Skema Centra Tech mulai terurai setelah investigasi oleh Nathaniel Popper dari New York Times, yang memicu penyelidikan lebih lanjut dan akhirnya mengarah pada pengadilan dan hukuman bagi para pendirinya, Ray Trapani, Sohrab Sharma, dan Robert Farkas, atas tuduhan penipuan sekuritas dan kawat.

Dokumenter “Bitconned” menggali lebih dalam tentang bagaimana Centra Tech berhasil menarik jutaan dolar dari investor dengan janji-janji kosong dan inovasi yang tidak nyata.

Pelajaran dari ‘Bitconned’

“Bitconned” tidak hanya mengungkap salah satu penipuan terbesar dalam sejarah crypto, tetapi juga menyoroti kerentanan sektor ini selama demam ICO. Dokumenter ini menjadi peringatan keras tentang bahaya yang tidak terkendali di ranah crypto yang tidak diatur, menekankan pentingnya kewaspadaan dan regulasi di dunia digital yang terus berkembang ini.

Dokumenter “Bitconned” bukan hanya sekedar kisah tentang penipuan; ini adalah cerminan dari sisi gelap industri crypto yang sering terabaikan. Ini mengajarkan kita untuk lebih kritis dan berhati-hati dalam berinvestasi, terutama di dunia crypto yang penuh dengan janji manis namun juga risiko besar.

Baca Juga: Kolaborasi Immutable dan Axelar Mempercepat Interoperabilitas di Web3 Gaming!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: