Skandal Binance dan Keruntuhan FTX: Bukti Kuat Perlunya Regulasi MiCA!

Skandal Binance dan Keruntuhan FTX: Bukti Kuat Perlunya Regulasi MiCA!

Kehancuran FTX pada tahun 2022 dan penyelesaian kasus Binance dengan otoritas Amerika Serikat senilai $4,3 miliar memberikan argumen kuat untuk penerapan regulasi Pasar dalam Aset Crypto (MiCA) Uni Eropa. Ini diungkapkan oleh seorang pejabat Komisi Eropa dalam sebuah wawancara. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kebutuhan Regulasi MiCA

Ivan Keller, pejabat kebijakan Komisi Eropa, berbicara kepada Cointelegraph di konferensi MoneyLIVE di Amsterdam. Berita tentang penyelesaian kasus Binance dengan Departemen Kehakiman AS (DOJ) muncul sehari sebelum pidato utama Keller dan menjadi titik refleksi penting untuk aplikasi penuh MiCA pada tahun 2024.

“Kami berpikir bahwa buku aturan ini akan mengurangi beberapa risiko dan memberikan regulator lebih banyak kekuatan dalam mengawasi entitas ini sehingga mereka juga dapat mengurangi risiko tersebut,” jelas Keller.

Keller juga memberikan pandangan terbaru tentang jalur menuju aplikasi penuh MiCA di seluruh Uni Eropa. Diakui sebagai salah satu kerangka hukum crypto komprehensif pertama di dunia, regulasi yang ditetapkan oleh MiCA akan berlaku untuk semua negara anggota Uni Eropa.

Baca Juga: Revisi Regulasi Cryptonya, Malta Siap Implementasikan MiCA

Tujuan dan Lingkup Regulasi MiCA

timeline mica
Garis waktu implementasi MiCA hingga tahun 2024. Sumber: Ivan Keller

Keller menekankan bahwa tujuan MiCA adalah untuk mendorong inovasi sambil mengatasi risiko terhadap konsumen, integritas pasar, stabilitas keuangan, dan kedaulatan moneter. Lingkup regulasi ini berlaku untuk penerbit aset crypto dan penyedia layanan aset crypto, dan bertujuan untuk menangani penyalahgunaan pasar.

MiCA mulai berlaku pada Juni 2023, tetapi penerapan aturan yang mengatur “token yang merujuk aset” dan “token uang elektronik,” yang sebagian besar berada di bawah payung stablecoins, diharapkan mulai berlaku pada Juni 2024.

Baca Juga: Regulasi MiCA: Pemicu Gelombang Baru Investasi Crypto di Uni Eropa!

Pelaksanaan Regulasi MiCA

Setelah itu, aturan untuk “penyedia layanan aset crypto,” yang mencakup platform perdagangan, penyedia dompet, dan bursa dan layanan crypto, akan mulai berlaku pada Desember 2024. Keller menambahkan bahwa Otoritas Sekuritas dan Pasar Eropa dan Otoritas Perbankan Eropa sedang menyusun beberapa standar teknis yang mencakup berbagai pertimbangan.

“Ada sekitar 40 standar teknis yang sedang disusun sekarang. Mereka sudah berkonsultasi dengan publik tentang sebagian besar dari mereka, dan itu masih berlangsung. Mereka kemudian akan menyelesaikan itu dan kemudian mengirimkannya ke komisi sebagai draf,” jelas Keller.

Keller juga mengatakan bahwa penyedia layanan crypto telah diberi waktu yang cukup untuk mencerna harapan yang ditetapkan melalui proses konsultasi MiCA. “Sudah 18 bulan sejak teks ini dinegosiasikan. Proposal ini telah keluar untuk waktu yang lama, dan banyak hal ini juga dipinjam dari buku aturan tradisional,” kata Keller.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: