Analisis Harga BTC Hari Ini: Bitcoin Capai Harga $23.000, Bagaimana Investor Menyikapinya?

Analisis Harga BTC Hari Ini: Bitcoin Capai Harga $23.000, Bagaimana Investor Menyikapinya?

Dalam dunia crypto yang penuh dinamika, Bitcoin kembali menjadi sorotan utama.

Dengan penurunan harga yangterjadi, banyak investor yang bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Mari kita telusuri lebih lanjut alasan di balik penurunan drastis ini.

Kondisi Pasar Bitcoin Saat Ini

Twitter

Menurut sumber dari U.Today, saat ini Bitcoin berada dalam keadaan yang tidak menentu. Meskipun ada indikasi bullish dari RSI dan volatilitas pasar yang menurun, risiko penurunan harga ke kisaran $23.8K-$24.8K tetap ada.

Baca Juga: Dampak Lingkungan Bitcoin Membaik, Konsumsi Energi Tercatat Turun Menjadi 89 TWh

CNBC melaporkan bahwa Bitcoin sempat jatuh ke level $22,655, yang merupakan level terendah sejak 31 Januari 2023. Namun, ada sedikit kenaikan dan terakhir diperdagangkan di angka $23.001.

Faktor lain yang mempengaruhi adalah laporan pekerjaan AS yang lebih kuat dari yang diharapkan, yang memaksa pasar untuk mempersiapkan kenaikan suku bunga.

Isu Celsius dan Dampaknya pada Pasar Crypto

Salah satu berita besar yang mengguncang pasar crypto adalah perusahaan pinjaman crypto, Celsius, yang menghentikan penarikan untuk pelanggannya. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan dampak yang lebih luas di pasar.

Celsius, yang mengklaim memiliki 1,7 juta pelanggan, mengalami penurunan aset dari lebih dari $26 miliar pada Oktober tahun lalu menjadi $11,8 miliar pada 17 Mei.

Situasi Celsius diperparah dengan penjualan besar-besaran di pasar crypto, yang menyebabkan CEL, koin milik Celsius, turun lebih dari 50% dalam 24 jam terakhir.

Tantangan Makro dan Prediksi Masa Depan

Faktor makro seperti inflasi yang berlanjut dan ekspektasi kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS mempengaruhi sentimen bearish di pasar crypto.

Selain itu, korelasi crypto dengan saham mencapai level tertinggi pada 2022, dan tren ini diperkirakan akan berlanjut.

Baca Juga: Bitcoin di Bulan September: Antara Ketidakpastian ETF dan Harapan di Bulan Oktober!

Menurut Vijay Ayyar dari Luno, pasar mungkin belum sepenuhnya mencapai dasar dan kita mungkin melihat harga Bitcoin yang jauh lebih rendah dalam 1 atau 2 bulan ke depan.

Paragraf Penutup

Dalam menghadapi ketidakpastian ini, investor disarankan untuk berhati-hati dan selalu memantau indikator kunci serta level harga. Meskipun ada risiko penurunan, ada juga peluang untuk rebound jika kondisi pasar mendukung.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: