Ilmuwan Ciptakan AI Pengelola Portofolio Crypto dengan Metrik Data On-Chain!

Ilmuwan Ciptakan AI Pengelola Portofolio Crypto dengan Metrik Data On-Chain!

Dua peneliti dari Universitas Tsukuba di Jepang baru-baru ini menciptakan sistem manajemen portofolio crypto berbasis kecerdasan buatan (AI) yang menggunakan data on-chain untuk pelatihan. Sistem ini, yang disebut CryptoRLPM (Cryptocurrency Reinforcement Learning Portfolio Manager), merupakan sistem berbasis AI pertama yang menggunakan metrik on-chain untuk manajemen portofolio. Simak berita lengkapnya berikut ini!

CryptoRLPM: AI Pengelola Portofolio Crypto

CryptoRLPM menggunakan teknik pelatihan yang disebut “reinforcement learning” untuk mengimplementasikan data on-chain ke dalam modelnya.

Reinforcement learning adalah paradigma optimasi di mana sistem AI berinteraksi dengan lingkungannya, dalam hal ini, portofolio crypto, dan memperbarui pelatihannya berdasarkan sinyal reward. CryptoRLPM menerapkan umpan balik dari reinforcement learning ke seluruh arsitekturnya.

Baca Juga: Kalahkan Pria, 76% Wanita di Singapura Berhasil Cuan dari Trading Crypto

Struktur dan Fungsi CryptoRLPM

struktur portfolio crypto
Screenshot dari pre-print research. Sumber: Huang, Tanaka, “A Scalable Reinforcement Learning-based System Using On-Chain Data for Cryptocurrency Portfolio Management”

Sistem ini terstruktur menjadi 5 unit utama yang bekerja sama untuk memproses informasi dan mengelola portofolio yang terstruktur.

Unit-unit ini meliputi unit feed data, unit penyempurnaan data, unit agen portofolio, unit perdagangan langsung, dan unit pembaruan agen. Setelah dikembangkan, ilmuwan menguji CryptoRLPM dengan memberikannya tiga portofolio.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Luncurkan Koleksi Kedua NFT “ForeverCR7: The GOAT”, Hadirkan 120 Produk Spesial?

Peningkatan Performa Portofolio Crypto

performa cryptorplm
Screenshot dari pre-print research. Sunber: Huang, Tanaka, “A Scalable Reinforcement Learning-based System Using On-Chain Data for Cryptocurrency Portfolio Management

Menurut penelitian awal para ilmuwan, CryptoRLPM menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan dengan performa standar pasar.

“Secara khusus, CryptoRLPM menunjukkan peningkatan setidaknya 83.14% dalam ARR, peningkatan setidaknya 0.5603% dalam DRR, dan peningkatan setidaknya 2.1767 dalam SR, dibandingkan dengan baseline Bitcoin,” kata peneliti dalam makalah penelitian mereka, Jumat (7/7/2023).

Dengan penciptaan CryptoRLPM, ilmuwan telah membuka jalan baru dalam manajemen portofolio crypto. Sistem ini menunjukkan bagaimana AI dapat digunakan untuk meningkatkan performa portofolio crypto dan menawarkan wawasan baru tentang bagaimana data on-chain dapat digunakan untuk melatih AI dalam manajemen portofolio.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: