Munculnya Sinyal Mengejutkan: Altcoin Season Siap Memulai Gebrakan!

Munculnya Sinyal Mengejutkan: Altcoin Season Siap Memulai Gebrakan!

Selama sebulan terakhir, serangan terkoordinasi terhadap altcoin oleh US SEC menyebabkan dominasi Bitcoin melebihi 50%.

Di atas level psikologis ini, BTC menjadi lebih berharga secara keseluruhan daripada seluruh pasar crypto.

Namun, muncul sinyal teknis yang dalam masa lalu menjadi puncak dominasi Bitcoin atau Bitcoin.Dominance (BTC.D) dan tiba-tiba memicu pembalikan harga altcoin.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut sinyal tersebut dan mengapa altcoin season yang mengejutkan bisa saja segera terjadi.

Dominasi Bitcoin Mengalahkan Gabungan Semua Crypto Lainnya

Dominasi Bitcoin adalah metrik yang mengukur kapitalisasi pasarcryptocurrency teratas dengan berat seluruh crypto lainnya di pasar.

Hal ini sering digunakan sebagai barometer kesehatan altcoin, terutama untuk menentukan apakah lebih baik berada di Bitcoin atau di altcoin seperti Ethereum, Litecoin, atau Solana.

Baca Juga: Lakukan Upaya Kedua, BlackRock Ajukan Kembali Aplikasi ETF Bitcoin ke SEC!

Ketika BTC.D turun dan pasar dalam keadaan sehat, altcoin mengungguli Bitcoin dalam hal kinerja. Namun, sebagai aset beta tinggi, altcoin jauh lebih volatile.

Akibatnya, ketika pasar mengalami penurunan, altcoin mengalami penurunan yang jauh lebih besar dibandingkan Bitcoin, sehingga pangsa pasar BTC semakin dominan.

Sinyal BTC.D Menunjukkan Kemungkinan Munculnya Altcoin Season yang Mengejutkan

Sinyal BTC.D Menunjukkan Kemungkinan Munculnya Altcoin Season yang Mengejutkan
TradingView

Relative Strength Index (RSI) adalah alat pengukur momentum yang memberi tahu para trader apakah suatu aset sedang overbought atau oversold.

Di dunia crypto, aset bisa tetap dalam keadaan overbought atau oversold dalam jangka waktu yang lama.

Namun, pada BTC.D, pada time frame mingguan, historisnya tidak menghabiskan banyak waktu dalam kondisi overbought. Bahkan, hanya beberapa kali saja mencapai kondisi overbought.

Dalam pergerakan terbaru ini ke wilayah overbought, terlihat bahwa kondisi ini dalam masa lalu menandai puncak dominasi Bitcoin dan langsung berbalik menjadi altcoin season yang epik. Pola ini terakhir terlihat pada akhir 2019 ketika BTC.D mencapai 70%.

Baca Juga: BRC-69: Standar Baru Bitcoin yang Bisa Potong Biaya Inscription hingga 90%!

Dengan kondisi yang overbought seperti ini, ditambah dengan hitungan Elliott Wave yang menunjukkan bahwa pergerakan gelombang ini akan berakhir, altcoin season mungkin tidak begitu jauh seperti yang kebanyakan orang harapkan.

Meskipun altcoin mengungguli dalam altcoin season, yang memerlukan Bitcoin yang bullish untuk menarik minat pasar ritel.

Dengan BTC mulai menunjukkan tanda-tanda bullish sekali lagi, berapa lama lagi altcoin akan mengikuti dan pada akhirnya mengungguli?

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: