Revolusi AI dalam Dunia Keuangan: Simulator Limit Order Book Canggih dari Oxford!

Revolusi AI dalam Dunia Keuangan: Simulator Limit Order Book Canggih dari Oxford!

Tim peneliti dari Universitas Oxford baru-baru ini mengembangkan simulator limit order book (LOB) yang dipercepat oleh GPU bernama JAX-LOB. Ini adalah yang pertama dari jenisnya, menandai langkah besar dalam pelatihan AI untuk perdagangan keuangan. Seperti apa simulator tersebut dan bagaimana potensi masa depannya di dunia keuangan? Simak berita lengkapnya berikut ini!

JAX-LOB: Menggabungkan Kekuatan AI dan Keuangan

jax-lob
Menggunakan JAX-LOB memberikan para peneliti peningkatan yang substansial dibandingkan CPU. Sumber: Frey et al, 2023

Dilansir dari Cointeelgraph, JAX adalah alat yang dikembangkan oleh Google untuk melatih sistem pembelajaran mesin berkinerja tinggi. Dalam konteks simulator LOB, ini memungkinkan model kecerdasan buatan untuk dilatih langsung pada data keuangan.

Tim peneliti Oxford menciptakan metode baru di mana JAX dapat digunakan untuk menjalankan simulator LOB hanya dengan menggunakan GPU. Secara tradisional, simulator LOB dijalankan menggunakan unit pemrosesan komputer (CPU). Dengan menjalankannya langsung pada rantai GPU, tempat pelatihan AI modern terjadi, model AI dapat melewati beberapa langkah komunikasi. Menurut makalah penelitian pra-cetak tim Oxford, ini memberikan peningkatan kecepatan hingga 7x.

Dinamika LOB adalah salah satu aspek keuangan yang paling banyak diteliti secara ilmiah. Misalnya, di pasar saham, LOB memungkinkan pedagang penuh waktu untuk mempertahankan likuiditas sepanjang sesi harian.

Baca Juga: Cinematic AI: Masa Depan Hollywood yang Diperlihatkan di Venice

Dampak Potensial JAX-LOB pada AI dan Fintech

dampak potensial jax-lob pada ai dan finance
Sumber: eWeek

Melatih sistem AI untuk memahami dinamika LOB adalah tugas yang sulit dan intensif data. Semakin akurat dan kuat simulasi, model yang dilatih di atasnya cenderung lebih efisien dan berguna.

Menurut makalah tim Oxford, menemukan cara untuk mengoptimalkan proses ini sangat penting. Ini mungkin memungkinkan perusahaan keuangan menawarkan layanan yang lebih baik atau memungkinkan pemerintah memprediksi dampak regulasi keuangan pada stabilitas sistem keuangan.

Jack Clark, salah satu pendiri Anthropic, menulis, “Perangkat lunak seperti JAX-LOB menarik karena tampaknya seperti hal yang mungkin digunakan oleh AI kuat di masa depan untuk melakukan eksperimen keuangan sendiri.”

Dengan pengembangan JAX-LOB, dunia AI dan fintech mungkin berada di ambang revolusi. Meskipun masih dalam tahap awal, potensi untuk mengubah cara AI berinteraksi dengan data keuangan sangat besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: