Terobosan Baru! Teknologi Blockchain Bisa Perangi Polusi Suara dengan Ribuan Smartphone

author:

Terobosan Baru! Teknologi Blockchain Bisa Perangi Polusi Suara dengan Ribuan Smartphone

Dalam era digital saat ini, polusi suara menjadi masalah global yang semakin meningkat. Namun, sebuah inovasi revolusioner telah muncul dari Silencio Network yang berkolaborasi dengan ekosistem blockchain peaq. Mereka telah mengintegrasikan lebih dari 35.000 smartphone sebagai sensor suara untuk memerangi polusi suara di 176 negara.

Silencio Network dan Peaq: Kolaborasi untuk Masa Depan yang Lebih Hening

peaq bermitra dengan silencio
Sumber: Peaq Network

Silencio Network, dengan bantuan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin, mengubah data akustik menjadi wawasan yang dapat diambil tindakan. Integrasi ini datang pada saat yang sangat penting dalam lanskap aset digital. Konferensi “Future of Digital Assets” yang dijadwalkan pada 14 November akan menyoroti inovasi seperti ini, menekankan aplikasi dunia nyata dari teknologi blockchain dan desentralisasi.

Baca juga: Dampak Lingkungan Bitcoin Membaik, Konsumsi Energi Tercatat Turun Menjadi 89 TWh

Aplikasi Silencio, yang tersedia di iOS dan Android, mendorong pengguna untuk berkontribusi dalam perang melawan polusi suara dengan mengumpulkan dan berbagi data suara lokal secara langsung. Sebagai imbalannya, peserta mendapatkan token NOISE, mendorong pendekatan ilmu pengetahuan warga untuk mengatasi masalah global ini.

Thomas Messerer, CEO dari Silencio Network, menekankan pentingnya kolaborasi ini dengan mengatakan,

“Integrasi Silencio dengan peaq menyediakan alat yang esensial untuk memajukan ilmu pengetahuan warga di domain Web3.”

Web3 Citizen Science: Masa Depan Pengumpulan Data Polusi Suara

Proyek ini disebut “Web3 citizen science”, di mana anggota komunitas menerima hadiah yang ditokenkan untuk menyediakan data polusi suara “hyper-lokal”. Thomas Messerer mengungkapkan bahwa ide ini muncul lebih dari 20 tahun yang lalu. Mereka tumbuh dengan orang tua yang mengalami gangguan pendengaran, membuat mereka selalu peka terhadap polusi suara.

Theo Messerer mengatakan kepada Cointelegraph bahwa hingga saat ini, Silencio telah mengumpulkan lebih dari satu miliar titik data dari lebih dari 35.000 perangkat yang digunakan dalam jaringan Silencio. Kontribusi utama berasal dari Eropa, Amerika Utara, dan Asia Tenggara.

Till Wendler, salah satu pendiri peaq, menyoroti bahwa “polusi suara merugikan triliunan untuk PDB dunia setiap tahun” dan menggunakan mekanisme Web3, bersama dengan “ilmu pengetahuan warga untuk mengumpulkan data, akan sangat penting dalam menyelesaikan krisis ini.”

Baca juga: SingularityNET dan VeChain Berkolaborasi untuk Kurangi Emisi Karbon dengan AI dan Blockchain

Privasi dan Efisiensi: Bagaimana Teknologi Ini Bekerja

Paragraf 1: Dalam hal privasi pengguna, Theo menjelaskan bahwa mereka mengukur tingkat desibel dan bukan konten audio aktual. Tingkat desibel mengukur intensitas suara, yang logaritmik dan dapat menggambarkan volume mulai dari suara yang hampir tidak terdengar hingga tingkat kebisingan yang berpotensi membahayakan.

Mengingat lokasi secara inheren terkait dengan proyek ini, dia mengatakan pelacakan lokasi adalah sesuatu yang dapat pengguna pilih dengan “persetujuan eksplisit”. Selain itu, semua data yang dikumpulkan dari pengguna di tempat tertentu dianonimkan dan dienkripsi dalam aplikasi.

Solusi Silencio untuk memerangi polusi suara adalah salah satu dari banyak inisiatif baru di ruang Web3 yang bekerja dengan objek fisik, seperti smartphone, untuk menciptakan efisiensi dan jembatan ke dunia digital yang berkembang pesat.

Dengan teknologi blockchain dan inisiatif seperti Silencio Network, masa depan yang lebih hening dan bebas dari polusi suara tampaknya bukan lagi mimpi. Kolaborasi ini menunjukkan bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mengatasi masalah dunia nyata dan menciptakan perubahan positif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: