Shopify Gandeng Solana Pay untuk Menyediakan Pembayaran dalam USDC

author:

Shopify Gandeng Solana Pay untuk Menyediakan Pembayaran dalam USDC

Shopify, salah satu platform e-commerce terkemuka di dunia, kini berkolaborasi dengan Solana Pay, aplikasi pembayaran desentralisasi dari Solana Labs. Dengan integrasi ini, jutaan bisnis yang menggunakan Shopify kini dapat menerima pembayaran dalam bentuk USDC, salah satu stablecoin paling populer di dunia.

Solana Pay: Inovasi Pembayaran di Shopify

Solana Pay, yang diluncurkan pada Februari 2022, dibangun di atas blockchain Solana. Dengan integrasi ini, USDC, yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar $25,9 miliar, akan menjadi opsi pembayaran awal.

Baca juga: Pendiri Solana Labs Sebut Ethereum Bisa Jadi Solusi Layer-2 untuk Blockchain Solana!

Keputusan untuk memulai dengan USDC bukan tanpa alasan. Banyak pedagang lebih memilih untuk menerima mata uang yang erat kaitannya dengan dolar. Selain itu, USDC lebih diatur dibandingkan dengan altcoin lainnya, membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen dan pedagang.

Meskipun USDC menjadi fokus awal, Solana Pay berencana untuk menambahkan crypto lain seperti SOL dan BONK di masa depan.

Manfaat Finansial dari Solana Pay

Biaya pemrosesan kartu kredit biasanya berkisar antara 1,5% hingga 3,5% per transaksi. Namun, dengan Solana Pay, biayanya hampir “bebas biaya”, dengan biaya transaksi rata-rata di blockchain Solana hanya sekitar $0,00025, atau sebagian kecil dari satu sen.

Selain itu, integrasi ini memungkinkan pedagang untuk membuat program loyalitas dengan “sedikit pengembangan”. Sistem penghargaan ini bisa seunik peluncuran token loyalitas NFT yang diberikan saat konsumen melakukan pembelian. Jika mereka kembali dan menggunakan Solana Pay untuk pembelian berikutnya, toko dapat memberikan diskon.

Beberapa tim dan merek berfokus pada kripto seperti Helius, Mad Lads, dan MonkeDAO telah setuju untuk mengintegrasikan Solana Pay di toko Shopify mereka.

Baca juga: Revolusi Industri Pakaian: True Fit dan Shopify Luncurkan Solusi AI!

Shopify dan Adopsi Crypto

shopify di crypto
Sumber: ZebPay

Shopify, yang menyumbang 10% dari total e-commerce AS dan aktivitas ekonomi senilai $444 miliar secara global, bukanlah pendatang baru dalam opsi pembayaran crypto. Pada Februari, platform ini meluncurkan sejumlah alat dan fitur perdagangan yang diaktifkan oleh blockchain.

Tidak hanya itu, Shopify juga diketahui telah berintegrasi dengan aplikasi pembayaran lain seperti Coinbase Commerce, Strike, Crypto.com, dan BitPay.

Dengan integrasi Solana Pay, Shopify semakin menegaskan komitmennya untuk mendukung inovasi dalam pembayaran dan memberikan lebih banyak pilihan kepada pedagang dan konsumen.

Pada akhirnya, integrasi antara Shopify dan Solana Pay menandai babak baru dalam evolusi e-commerce. Dengan memungkinkan pembayaran dalam bentuk USDC dan potensi crypto lainnya di masa depan, kedua platform ini bersama-sama membentuk masa depan perdagangan digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: