Distrik Populer Tokyo, Shibuya, Gandeng Astar Network untuk Perluas Strategi Web3

author:

Distrik Populer Tokyo, Shibuya, Gandeng Astar Network untuk Perluas Strategi Web3

Pada akhir Februari 2023, beberapa perusahaan teknologi terkemuka di Jepang dilaporkan kompak untuk bekerja sama dalam membangun “Kawasan Ekonomi Metaverse”, yang fokus pada pembangunan infrastruktur Metaverse terbuka.

Kali ini, News Crypto (8/3/23) melaporkan bahwa Astar Network dan distrik Shibuya telah menjalin kerja sama untuk mempromosikan sekaligus memperluas strategi Web3.

Kerjasama Distrik Shibuya dan Astar Network

Sumber: Twitter

Shibuya, sebuah distrik di Tokyo yang terkenal dengan aktivitas komersial dan keuangannya, dilaporkan telah berkolaborasi dengan Astar Network, sebuah pusat inovasi blockchain.

Hubungan kemitraan ini juga telah dibagikan langsung oleh akun Twitter resmi dari Astar Network pada 8 Maret 2023, yang mengatakan bahwa Shibuya City bergabung dengan mereka untuk mencapai tujuan Web3-nya.

Kemitraan antara Astar Network dan Shibuya adalah yang pertama dari jenisnya, sekaligus menandai perjanjian penting antara blockchain Jepang dan salah satu distrik terbesar dan terpadat di Tokyo. Sebagai bagian dari kemitraan ini, Astar Network akan membantu mempromosikan program Web3 baru Shibuya dan juga mengadakan acara untuk mendukung program-program tersebut.

Lebih lanjut, Astar Network akan memainkan peran penting dalam inisiatif Dukungan Startup Shibuya, dan juga akan menyelenggarakan acara terkait, termasuk hackathon yang berfokus pada Web3 dan lokakarya pendidikan.

Baca juga: Ketua Teknis Polygon Jelaskan Tentang zkEVM Menjelang Jadwal Perilisan, Begini Katanya

Upaya Astar Network Perluas Web3 di Jepang

Upaya Astar Network Perluas Web3 di Jepang
Sumber: CNN

Perlu diketahui, distrik Shibuya terletak di jantung kota Tokyo, yang merupakan rumah bagi 2 stasiun kereta api tersibuk di dunia, dan juga menjadi salah satu area mode paling bergengsi di Jepang.

Di Shibuya, Jepang, terdapat beberapa kantor perusahaan terkemuka, termasuk Google. Dan nantinya, Startale Labs, bisnis teknologi Web3 yang diciptakan oleh CEO Astar Foundation, Sota Watanabe, juga akan berkantor di daerah sana.

Tekait kerja sama ini, Sota Watanabe mengatakan:

“Shibuya adalah kota terbesar bagi kaum muda di Jepang dan terkenal menjadi kota startup. Kota ini dikenal sebagai Silicon Valley Jepang, atau ‘Bit Valley’. Kami merasa terhormat telah membuka kantor kami di pusat teknologi ini dan telah menandatangani perjanjian dasar dengan kota ini untuk memanfaatkan Web3.”

Hingga saat ini, upaya Astar Network untuk mempercepat pengembangan Web3 di negara asalnya, Jepang, yang dilakukan melalui pembentukan aliansi strategis telah memberikan dampak yang cukup signifikan.

Menurut laporan, Astar Network telah melalukan studi kasus yang membahas kesulitan ekonomi dengan Web3. Dan hasilnya, hal seperti kerja sama ini dapat membuka pintu baru bagi para pengembang dan pemimpin bisnis untuk terlibat dalam industri Web3, yang sedang berkembang pesat, serta mengurangi hambatan bagi masyarakat umum untuk terjun di dalamnya.

Proyek Astar Network

Proyek Astar Network
Sumber: Forkast News

Sebelum memberikan pengumuman terkait kemitraannya dengan distrik Shibuya, pada pertengahan Februari 2023 lalu, Coinspeaker (17/2/23) melaporkan bahwa Astar Network telah bekerja sama dengan Sony Network Communication untuk membentuk program inkubasi, yang berkonsentrasi pada kasus penggunaan blockchain di dunia nyata.

Lebih dari itu, Sony Network Communications, anak perusahaan lain dari The Sony Group, dan Astar Network bermitra guna memperkenalkan program inkubasi Web3 untuk proyek-proyek yang menargetkan penggunaan non-fungible (NFT) dan decentralized autonomous organizations (DAO).

Dalam siaran pers, program inkubasi Web3 ini akan dikelola oleh Startale Labs yang berbasis di Singapura, dan akan berlangsung dari pertengahan Maret hingga pertengahan Juni 2023.

Sementara itu, pendaftaran untuk program ini telah dimulai pada tanggal 17 Februari dan telah berakhir pada 6 Maret 2023.

Menurut laporan Coinspeaker, Astar Network telah menarik perhatian publik dengan meluncurkan beberapa fitur inovatif sejak awal tahun 2023. Pada bulan Januari 2023, Astar Network meresmikan fitur Cross-Vortual Machine di jaringan uji coba publik Shibuya.

Pada saat itu, Astar Network telah memungkinkan proyek-proyek yang akan dibangun di jaringannya memiliki interoperabilitas tanpa batas antara berbagai ekosistem smart contract seperti Ethereum Virtual Machine (EVM) dan WebAssembly (WASM).


Referensi: