Shiba Inu (SHIB) Tambahkan ID Digital ke Proyek Ekosistemnya, Siap Jadi Saingan di Ruang DeFi?

author:

Shiba Inu (SHIB) Tambahkan ID Digital ke Proyek Ekosistemnya, Siap Jadi Saingan di Ruang DeFi?

Shiba Inu (SHIB), yang dikenal sebagai memecoin, kini sedang bersiap untuk menemukan utilitas di antara investor serius. Seorang perwakilan dari blockchain Shiba Inu mengungkapkan bahwa SHIB berencana untuk menerapkan verifikasi identitas digital untuk aplikasi dalam ekosistemnya. Langkah ini dapat membawa SHIB sejajar dengan rekan-rekannya dalam ekosistem DeFi.

Shiba Inu di Ruang DeFi

mengenal shiba inu (shib) crypto
Sumber: Finbold

Self-Sovereign Identity (SSI) atau Identitas Otonom Mandiri pada dasarnya adalah versi digital dari dokumen identitas pengguna, seperti paspor dan surat izin mengemudi. Ini memberdayakan pengguna untuk memiliki kontrol yang lebih besar atas data pribadi mereka dan bagaimana data tersebut dibagikan secara online.

Baca juga: Tim Pengembang Shiba Inu Mengadakan Hackathon Shibarium Berhadiah Rp75 Juta!

Pengembang Shiba Inu bekerja sama dengan proyek komunitas, terutama mereka yang menggunakan SHIB atau berencana membangun di blockchain Shibarium, untuk memprioritaskan penyebaran SSI. Mereka percaya bahwa minat yang meningkat dalam identitas digital dan perlindungan data di Kanada dan Uni Eropa dapat membedakan Shiba Inu sebagai proyek yang lebih terkontrol dan aman dibandingkan dengan blockchain lainnya.

Shytoshi Kusama, pengembang utama Shiba Inu, mengatakan kepada CoinDesk,

“Kami sedang meletakkan dasar untuk standar global baru dalam kepercayaan digital terdesentralisasi dan verifikasi identitas internasional. Dengan cara ini, Shibarium adalah pembawa era digital baru di mana kepercayaan pada sistem dipulihkan dan ditingkatkan.”

Pengembangan di Shibarium

shibarium rilis beta bridge
Sumber: U Today

Shibarium adalah platform skalabilitas Layer-2 yang dibangun di atas Ethereum oleh pengembang Shiba Inu. Jaringan layer 2 ini akan menggunakan token BONE, TREAT, SHIB, dan LEASH untuk aplikasi yang dikembangkan di blockchain.

“Layer 2” merujuk pada sistem off-chain atau blockchain terpisah yang dibangun di atas protokol layer 1, yang membantu mengatasi keterbatasan skalabilitas dan data. Mereka menggabungkan beberapa transaksi off-chain menjadi satu transaksi layer 1, mengurangi beban data dan biaya.

Platform Layer 2 Shiba Inu, Shibarium, telah mencapai tonggak penting. Testnet yang disebut Puppynet telah mencatat total 34 juta transaksi, yang menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan. Menurut Puppyscan, jumlah total transaksi di testnet telah mencapai 34,103,383, dan jumlah blok telah naik menjadi 1,938,771.

Baca juga: ShibArmy Merapat! Shibarium Shiba Inu (SHIB) Merilis Beta Bridge untuk Penggunaan Publik

Peluncuran Mainnet Shibarium

Peluncuran mainnet Shibarium akan terjadi sebelum bulan ini di Konferensi Blockchain Futuristik yang akan datang. Pengembang utama Shytoshi Kusama telah mengundang Elon Musk.

shiba inu undang elon musk
Sumber: Twitter

Dengan peluncuran mainnet ini, Shiba Inu berharap untuk memperluas ekosistemnya dan menarik lebih banyak pengguna dan investor. Ini adalah langkah penting dalam evolusi Shiba Inu dari mata uang meme menjadi pesaing serius dalam ruang DeFi.

Dengan penambahan fitur verifikasi identitas digital ini, Shiba Inu berharap untuk membangun kepercayaan yang lebih besar di antara pengguna dan pemerintah. Ini menunjukkan bahwa Shiba Inu serius dalam upayanya untuk menjadi pemain utama dalam ruang DeFi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: