Shiba Inu (SHIB): Memecoin Bertema Anjing yang Menggonggong Keras di Dunia Crypto!

author:

Shiba Inu (SHIB): Memecoin Bertema Anjing yang Menggonggong Keras di Dunia Crypto!

Shiba Inu (SHIB), mata uang crypto berbasis Ethereum dan memiliki maskot anjing pemburu Shiba Inu asal Jepang, telah menjadi topik hangat di dunia crypto. Dikenal sebagai alternatif Dogecoin, Shiba Inu bahkan disebut-sebut sebagai “pembunuh Dogecoin” oleh para pendukungnya.

Hingga saat ini, bagaimana perkembangan Shiba Inu (SHIB) di pasar crypto? Cari tahu lebih lanjut di bawah ini, yuk!

Mengenal Shiba Inu (SHIB)

Shiba Inu (SHIB) adalah altcoin berbasis Ethereum yang menampilkan Shiba Inu, anjing pemburu asal Jepang, sebagai maskotnya. Sejak peluncurannya, memecoin Shiba Inu sering dianggap sebagai alternatif untuk Dogecoin, dan bahkan para pendukung Shiba Inu mempromosikannya sebagai Dogecoin Killer atau “pembunuh Dogecoin”.

Shiba Inu dan Dogecoin adalah koin meme, yaitu crypto yang terkait dengan tema tertent, seperti anjing Shiba Inu dalam kasus Shiba Inu dan Dogecoin, tetapi koin ini sering diluncurkan sebagai parodi atau lelucon daripada sebagai produk digital yang benar-benar memiliki beberapa utilitas.

Baca juga: Tim Shiba Inu (SHIB) Ungkap Dampak Shibarium, Antisipasi Pembakaran 5 Triliun SHIB!

Meski begitu, perkembangan memecoin di pasar crypto tidak bisa diremehkan. Pasalnya, beberapa memecoin seperti Dogecoin (peringkat 8), Shiba Inu (peringkat 19), dan Pepe (peringkat 68) berada di peringkat teratas dalam kategori 100 crypto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, menurut data CoinMarketCap (8/7/23).

Penemu Shiba Inu dan Sejarah Harga SHIB

brave wallet integrasikan shiba inu
U Today

Menurut laporan, Shiba Inu diciptakan pada Agustus 2020 oleh individu atau kelompok anonim yang dikenal dengan nama Ryoshi. Dalam “woof paper” (sebuah permainan kata dari white paper) yang tersedia di situs web ShibaToken.com, Ryoshi menjelaskan bahwa Shiba Inu dikembangkan sebagai jawaban atas pertanyaan sederhana: “Apa yang akan terjadi jika proyek cryptocurrency sepenuhnya dikelola oleh komunitasnya?”

Ryoshi mengatribusikan asal-usulnya pada “eksperimen dalam membangun komunitas yang terdesentralisasi.” Menurut Ryoshi, kekuatan desentralisasi kolektif dapat membangun sesuatu yang lebih kuat daripada tim yang terpusat.

Lebih lanjut, Ryoshi memilih untuk membangun ekosistem Shiba Inu di Ethereum karena sudah aman dan mapan, dan memungkinkan proyek tetap terdesentralisasi. Ryoshi juga memilih untuk memulai proyek dari nol, tanpa komunitas atau tim yang sudah ada sebelumnya, dan dengan cinta yang dinyatakan terhadap anjing Shiba Inu.

Per Juli 2023, Shiba Inu (SHIB) menjadi memecoin peringkat kedua di belakang Dogecoin (DOGE) dalam kategori token meme teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, dengan market cap yang menyentuh Rp65 triliun, menurut data CoinMarketCap. Selain itu, Shiba Inu (SHIB) memiliki nilai tertinggi sepanjang masa (ATH) sebesar $ 0,00008616, tercatat pada 27 Oktober 2021.

Baca juga: Akhirnya Tiba! Shibarium Siap Rilis Bulan Agustus 2023, Begini Kata Pengembang Utamanya

Proyek Shiba Inu di Tahun 2023

Perilisan Shibarium Shiba Inu
Sumber: Watcher Guru

Baru-baru ini, spesialis pemasaran Shiba Inu, Lucie, mengatakan bahwa tim pengembangan sedang bekerja untuk memasukkan ratusan proyek ke dalam ekosistem, yang akan mengarah pada ekspansi dan adopsi lebih lanjut.

Menurut Lucie, ekosistem Shiba Inu akan lebih dari hanya SHIB, BONE, dan LEASH. Dia mengatakan kepada ShibArmy, pendukung Shiba Inu,

“Apakah Anda mengerti bahwa kami bukan lagi hanya Ekosistem Shiba, tetapi sekarang kami adalah teknologi Shibarium – Layer 2? Mungkin menantang, tetapi transisi sudah di sini! Ya, rumah dan bayi kami masih $SHIB, $BONE, dan $LEASH, tetapi kami akan berteman dengan banyak proyek #Shibarium yang baik.”

BONE, yang mengungguli Bitcoin dan Ethereum minggu ini, adalah token asli dari Bone Shibaswap, DEX terkemuka di jaringan Shiba Inu. BONE juga akan berfungsi sebagai token gas dari Shibarium.

Lucie mengungkapkan bahwa ekosistem Shiba yang hanya terdiri dari tiga token populer – BONE, LEASH, dan SHIB – saat ini, akan berkembang secara dramatis dalam beberapa bulan mendatang. Khususnya, pengaruh tersebut mencatat bahwa ratusan proyek akan masuk ke dalam lingkungan tersebut, mengutip peluncuran mainnet Shibarium.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: