Kota Sharjah Luncurkan Platform NFT untuk Menerbitkan Sertifikat Digital Terverifikasi!

author:

Kota Sharjah Luncurkan Platform NFT untuk Menerbitkan Sertifikat Digital Terverifikasi!

Sharjah, salah satu kota di Uni Emirat Arab (UAE), telah meluncurkan inisiatif revolusioner yang memanfaatkan teknologi NFT untuk penerbitan sertifikat digital. Dengan nama “Sharjah NFT”, platform ini menandai langkah besar dalam perjalanan transformasi digital Sharjah dan menunjukkan komitmennya terhadap masa depan yang berkelanjutan.

Sharjah NFT: Inovasi dalam Penerbitan Sertifikat

kota sharjah luncurkan platform nft
Sumber: The Sunday Guardian

“Sharjah NFT” adalah inisiatif yang memungkinkan entitas pemerintah dan swasta untuk menerbitkan sertifikat digital yang diverifikasi menggunakan token soulbound. Dokumen ini disimpan dan dilacak dengan efisien menggunakan teknologi blockchain melalui kode QR.

Baca juga: Pengadilan Tinggi Singapura Gunakan NFT untuk Melacak Dompet Crypto yang Dibobol

Platform ini diluncurkan di Paviliun Pemerintah Sharjah selama GITEX Global 2023 dan menawarkan sistem yang inovatif dan ramah pengguna.

Dengan platform ini, berbagai entitas, termasuk otoritas pemerintah, lembaga pendidikan, bisnis swasta, dan penyelenggara acara, dapat menerbitkan sertifikat yang diautentikasi sebagai kode non-fungible yang disimpan dalam catatan digital.

Dari Sertifikat Kertas ke Sertifikat Digital

pengadilan singapura nft
Sumber: Freepik

Sheikh Saud bin Sultan Al Qasimi, Direktur Sharjah Digital Office, menekankan bahwa “Sharjah NFT” menandai peralihan dari sertifikat kertas tradisional ke sertifikat digital yang aman dan dapat diandalkan.

Platform ini bertindak sebagai firewall, memberikan perlindungan terhadap segala bentuk pemalsuan atau penipuan, memastikan keaslian dan kredibilitas sertifikat.

Pengguna dapat merancang dan menghasilkan sertifikat yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka, memanfaatkan infrastruktur berbasis blockchain platform untuk menciptakan catatan sertifikat dengan efisiensi maksimal.

Baca juga: UEA Luncurkan RAK Digital Assets Oasis, Zona Bebas untuk Perusahaan Aset Digital, Web3, dan AI

Meningkatkan Kredibilitas Profesional Penerima

Selain efisiensi dan kecepatan platform, “Sharjah NFT” menampilkan pencapaian penerima di platform terkenal dan pasar NFT, meningkatkan kedudukan profesional pemegang sertifikat saat dibagikan.

Inisiatif ini sejalan dengan strategi transformasi digital yang lebih luas di UAE, menempatkan negara ini di garis depan aplikasi teknologi Web3.

Dengan peluncuran “Sharjah NFT”, Sharjah telah menetapkan standar baru dalam penerbitan sertifikat digital. Inisiatif ini tidak hanya menunjukkan komitmen Sharjah terhadap inovasi tetapi juga potensinya dalam membentuk masa depan digital di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: