Shaquille O’Neal Terlibat Kontroversi NFT: Apa yang Terjadi?

Shaquille O’Neal Terlibat Kontroversi NFT: Apa yang Terjadi?

Legenda basket, Shaquille O’Neal, kini tengah berada di tengah-tengah kontroversi. Sebuah pengaduan yang telah dimodifikasi baru-baru ini diajukan terkait proyek NFT-nya, Astrals, yang menuduhnya melanggar hukum sekuritas dalam kaitannya dengan penawaran aset berbasis Solana dan token terkait. Namun, apa yang sebenarnya terjadi di balik tuduhan ini? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Latar Belakang Kasus dan Tuduhan Terhadap O’Neal

nft astrals
Sebuah NFT dari koleksi Shaq. Gambar: Astrals.

Pengaduan ini diajukan setelah seorang hakim distrik di Florida menunjuk para penggugat utama kasus ini bulan lalu. Mereka diwakili oleh The Moskowitz Law Firm. Adam Moskowitz, Managing Partner dari firma hukum tersebut, mengatakan bahwa pengajuan ini merupakan langkah penting.

Pengaduan yang telah dimodifikasi ini memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang keterlibatan O’Neal dalam Astrals, termasuk video dan tweet yang kini telah dihapus. Menurut Moskowitz, O’Neal berkomunikasi dengan anggota tim Astral hampir setiap hari.

Tuduhan utama adalah bahwa nilai proyek Astrals hampir sepenuhnya terkait dengan status selebriti O’Neal. Namun, setelah bursa crypto FTX runtuh pada November lalu, O’Neal dikatakan menghilang dari komunitas Astrals.

Baca Juga: Google Perbarui Kebijakan Iklan: Game NFT Kini Diizinkan dengan Syarat Tertentu!

Detail Proyek Astrals dan Kontroversi Terkait

Astrals, sebuah proyek NFT berbasis Solana, terdiri dari 10.000 avatar yang siap untuk Metaverse dan terkait dengan DAO serta “permainan peran berbasis cerita yang berbayar untuk bermain”. Pengaduan juga menyoroti token tata kelola DAO, $GLXY, dengan mengklaim bahwa itu adalah sekuritas yang tidak terdaftar.

Dua perusahaan modal ventura besar yang menjalin kemitraan dengan Astrals dan diduga memperdagangkan $GLXY, Cypher Capital dan MH Ventures, disebutkan dalam pengaduan. Meskipun mereka tidak terdaftar sebagai terdakwa, Moskowitz mengatakan bahwa mereka akan dilayani seiring berjalannya gugatan.

Baca Juga: Lagu Hits Justin Bieber Kini Bertransformasi Jadi NFT, Apa Saja Keuntungannya?

Respons dan Langkah Selanjutnya

Pada Juli, pengacara O’Neal meminta agar gugatan class-action dibatalkan, dengan alasan bahwa aset digital yang dipertanyakan dimaksudkan untuk para gamer, bukan investor.

Namun, berdasarkan pengajuan pengadilan pada akhir Agustus, mosi O’Neal akhirnya ditolak. Hakim distrik yang mengawasi kasus ini menetapkan batas waktu 29 September bagi bintang basket tersebut untuk menanggapi pengaduan yang telah dimodifikasi.

Keterlibatan Shaquille O’Neal dalam proyek NFT Astrals dan tuduhan yang muncul menunjukkan betapa kompleks dan dinamisnya dunia crypto saat ini. Dengan berbagai pihak yang terlibat dan banyaknya isu yang muncul, kita semua menunggu untuk melihat bagaimana kasus ini akan berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: