ShapeShift Selesaikan Tuduhan SEC Terkait Penjualan Sekuritas Kripto

ShapeShift Selesaikan Tuduhan SEC Terkait Penjualan Sekuritas Kripto

Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) mengajukan perintah penghentian dan penghentian sementara terhadap ShapeShift, sebuah bursa kripto yang sebelumnya beroperasi di Denver, Colorado, tetapi telah menutup operasi bursa AS-nya, dengan tuduhan bahwa bursa tersebut beroperasi sebelum tahun 2021 sebagai dealer yang tidak terdaftar untuk mata uang kripto yang merupakan sekuritas.

Sebagai bagian dari pengajuan hari Selasa, SEC mengatakan akan menerima tawaran penyelesaian dari ShapeShift, yang mencakup denda sebesar $275.000 dan kesepakatan bahwa perusahaan tersebut tidak akan lagi melanggar Undang-Undang Bursa Efek. Simak berita lengkapnya berikut ini!

ShapeShift Diduga Menawarkan Sekuritas yang Tidak Terdaftar

ShapeShift menawarkan “sedikitnya 79 aset kripto” kepada pelanggannya, yang mencakup “aset-aset yang ditawarkan dan dijual sebagai kontrak investasi,” kata pengajuan tersebut, meskipun tidak menyebutkan aset digital tertentu sebagai sekuritas.

Namun, dikatakan bahwa bursa tersebut beroperasi sebagai dealer yang tidak terdaftar di AS antara tahun 2014 dan 2021, sebuah tuduhan yang mirip dengan yang diajukan SEC terhadap bursa kripto AS lainnya seperti Coinbase, Kraken, dan Binance.US.

“ShapeShift secara teratur membeli dan menjual aset kripto untuk dan dari akunnya sendiri, membawa inventaris – dan menampilkan diri kepada pelanggan sebagai pihak yang bersedia membeli dan menjual – aset kripto yang ditawarkan di ShapeShift.io,” kata pengajuan tersebut.

Perusahaan tersebut menutup bursa AS pada tahun 2021, kata SEC. Catatan kaki juga mencatat bahwa temuan dalam perintah penghentian dan penghentian “tidak mengikat orang atau entitas lain dalam proses ini atau proses lainnya.”

Baca Juga: Gelombang Hijau Crypto: Bitcoin Sentuh ATH $69K dan Memicu Likuidasi $550 Juta!

Komisaris SEC Pertanyakan ‘Ambiguitas’ dalam Penyelesaian ShapeShift

komisaris sec dan shapeshift
Sumber: Eleanor Terrett di X

Komisaris SEC Hester Peirce dan Mark Uyeda mengatakan, dalam sebuah pernyataan bersama, bahwa mereka tidak setuju dengan tindakan SEC.

“Sama sekali tidak jelas bagaimana ShapeShift dapat membedakan bahwa Komisi akan menganggap aset kripto secara umum – dan aset kripto apa pun secara khusus – sebagai sekuritas dalam bentuk kontrak investasi. Bahkan sekarang, sepuluh tahun kemudian, hampir tidak dapat dibedakan,” tambah mereka.

Para Komisaris mengatakan tindakan tersebut membuat mereka bertanya-tanya apakah SEC menginginkan tindakan penegakannya menjadi ambigu, dan karena itu membuat “orang berikutnya yang datang dengan ide untuk membangun sesuatu untuk membantu orang lain membeli atau menjual kripto… berpikir dua kali.” Peirce dan Uyeda lebih lanjut berpendapat bahwa “hanya datang dan mendaftar jelas tidak memuaskan.”

Keduanya menulis diskusi imajiner antara SEC dan perusahaan kripto potensial di mana SEC menolak pendaftaran perusahaan yang dibuat-buat karena perusahaan tersebut tidak dapat menunjukkan dengan tepat token mana yang SEC yakini sebagai sekuritas. Wacana terbaru oleh Peirce dan Uyeda menggemakan frustrasi serupa yang dibahas secara publik oleh perusahaan-perusahaan seperti Coinbase.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi