Revolusioner! Shanghai China Berencana Bangun Infrastruktur Blockchain Digital

author:

Revolusioner! Shanghai China Berencana Bangun Infrastruktur Blockchain Digital

Shanghai, pusat teknologi dan komersial China, sedang bersiap untuk mengubah wajah teknologi dunia. Dengan rencana ambisius yang baru saja diumumkan pada 31 Juli 2023, kota ini berencana untuk membangun infrastruktur blockchain digital perkotaan antara tahun 2023 hingga 2025. Apa yang membuat rencana ini begitu revolusioner? Mari kita telusuri lebih lanjut.

Pujiang Digital Chain: Inovasi yang Menghubungkan 26 Kota

pusat blockchain nasional china
NewsBTC

Rencana ini, yang dikenal sebagai “Shanghai City Promoting Urban Blockchain Digital Infrastructure System Project Implementation Plan (2023-2025),” mencakup pembangunan “Pujiang Digital Chain.” Rantai digital ini akan sepenuhnya beroperasi pada tahun 2025, mendukung dan mengintegrasikan urusan pemerintah kota, layanan publik, dan industri.

Tujuan dari Pujiang Digital Chain adalah integrasi Delta Sungai Yangtze (YRD), yang mencakup 26 kota lain dengan Shanghai di pusatnya. Menurut Ernst and Young, YRD menyumbang sepertiga dari pendanaan penelitian nasional China setiap tahun dan merupakan rumah bagi seperempat universitas teratas di China.

Baca juga: Inovatif! Bank China Uji Coba Sistem Pembayaran Offline CBDC yang Terhubung ke SIM Card

Selain itu, rencana ini akan meningkatkan jejak perdagangan dan produk pertanian di wilayah tersebut dan menempatkan data pemerintah dalam rantai. Ini adalah langkah maju yang menentukan bagi kota yang bangga dengan statusnya sebagai pusat teknologi.

Menggabungkan Teknologi dan Ekonomi: Visi Shanghai untuk 2025

Rencana ini tidak hanya terbatas pada teknologi saja, tetapi memiliki visi yang lebih luas, lompatan besar, dan tekad kota untuk berada di garis depan evolusi blockchain. Tujuannya adalah untuk mendorong inovasi independen teknologi inti dan memanfaatkannya untuk meningkatkan kekuatan teknologi Shanghai.

Pada tahun 2025, Shanghai akan mengungkap infrastruktur blockchain-nya, sebuah rencana yang berusaha meningkatkan penerapan blockchain dalam ekonomi nyata. Ini mencakup “kemampuan penyebaran cepat on-chain dan cross-chain” dan menyoroti kemajuan signifikan yang telah dibuat di kota ini mengenai teknologi inti blockchain.

Baca juga: Revolusi Pajak Crypto di Jepang, Langkah Besar Menuju Pertumbuhan Ekonomi Digital!

Konteks Global: Blockchain sebagai Medan Pertempuran

Ini bukan hanya kisah inovasi teknologi, tetapi juga cerita rivalitas global. Dengan meningkatnya ketegangan antara AS dan China, teknologi blockchain dan cryptocurrency telah muncul sebagai medan pertempuran yang signifikan.

Presiden China, Xi Jinping, menekankan bahwa “inovasi teknologi telah menjadi medan pertempuran utama lapangan bermain global,” dan persaingan semakin sengit setiap harinya. China telah berhasil meluncurkan mata uang digital bank sentralnya, e-Yuan, dan bahkan telah mengembangkan penggunaannya di seluruh Amerika Selatan dan lokasi strategis lainnya.

Langkah berani China untuk mengembangkan sistem infrastruktur blockchain di Shanghai adalah bukti komitmennya untuk memanfaatkan inovasi teknologi. Tapi ini bukan hanya tentang teknologi, ini tentang geopolitik, kepemimpinan ekonomi, dan mungkin era kekuatan global yang baru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: