Waspada, SFC Hong Kong Blokir Situs Web Bursa Crypto Palsu!

Waspada, SFC Hong Kong Blokir Situs Web Bursa Crypto Palsu!

Otoritas keuangan Hong Kong, Securities and Futures Commission (SFC), telah mengidentifikasi dan memblokir situs web palsu yang menyamar sebagai bursa mata uang kripto lokal utama. Tindakan tegas ini diambil untuk melindungi investor dari penipuan dan menjaga integritas pasar aset digital. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Situs Web Palsu Menyasar Bursa Kripto Berlisensi

regulasi stablecoin hong kong
Sumber: Forkast News

Pada tanggal 4 Maret, SFC mengeluarkan peringatan resmi terhadap beberapa situs web mencurigakan yang menyamar sebagai dua platform perdagangan kripto berlisensi. Para pelaku kejahatan siber ini membuat beberapa domain palsu yang menyerupai dua bursa berlisensi di Hong Kong, termasuk OSL Digital Securities dan Hash Blockchain Limited, yang juga dikenal sebagai HashKey.

Menurut pengumuman tersebut, SFC telah memblokir total enam situs web, termasuk hskexpro.com, hskex.com, hskexs.com, hskexit.com, oslexu.com, dan oslint.com. Langkah-langkah ini diambil setelah adanya laporan kesulitan penarikan dana dan biaya serta komisi penarikan yang tinggi.

Atas permintaan SFC, Kepolisian Hong Kong telah mengambil langkah-langkah untuk memblokir akses ke situs web terkait. Situs web tersebut kini masuk dalam daftar peringatan kripto resmi SFC bersama dengan situs web palsu lainnya yang menyamar sebagai bursa kripto lain seperti MEXC. Sebelumnya, SFC telah memasukkan delapan domain yang menyamar sebagai MEXC ke dalam daftar hitam pada tanggal 9 Februari.

Baca Juga: Lonjakan Permohonan Lisensi Crypto di Hong Kong, Adopsi Crypto Hong Kong Meningkat?

SFC Imbau Investor untuk Waspada

sfc crypto
Daftar peringatan situs web palsu oleh SFC Hong Kong. Sumber: SFC

SFC menghimbau investor untuk memverifikasi platform perdagangan menggunakan daftar publik orang berlisensi dan lembaga terdaftar, serta daftar platform perdagangan aset virtual berlisensi untuk mendapatkan informasi yang relevan tentang entitas berlisensi, termasuk situs web resmi mereka.

“Investor juga harus menahan diri untuk tidak mengirim uang atau melakukan transaksi apa pun sebelum memverifikasi identitas pihak lawan,” tegas regulator tersebut.

Menurut Bartosz Barwikowski, pakar keamanan lapisan-1 di perusahaan keamanan blockchain Hacken, mungkin tidak mudah untuk mendeteksi apakah situs web tertentu asli atau palsu. Ia mencatat bahwa hal itu mungkin sangat sulit ketika pengguna mengakses situs web untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Hong Kong Siap Terapkan Regulasi Baru untuk Perdagangan Aset Crypto OTC!

SFC Lakukan Tindakan Tegas Terhadap Penipuan Kripto

Berita ini muncul beberapa hari setelah SFC menerima aplikasi terakhir dari bursa kripto dalam putaran terakhir siklus perizinan pada tanggal 29 Februari. Bursa kripto yang gagal mendaftar untuk mengajukan aplikasi pada tanggal tersebut harus keluar dari wilayah tersebut dalam waktu tiga bulan.

Tindakan tegas SFC terhadap situs web bursa kripto palsu ini menunjukkan komitmen regulator untuk melindungi investor di tengah pesatnya perkembangan aset digital. Investor harus selalu waspada dan melakukan verifikasi menyeluruh sebelum melakukan transaksi apa pun untuk menghindari menjadi korban penipuan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi