Pertama Kalinya! Kota di Argentina ini Terima Bitcoin untuk Sewa Properti

author:

Pertama Kalinya! Kota di Argentina ini Terima Bitcoin untuk Sewa Properti

Inovasi pembayaran sewa properti dengan menggunakan Bitcoin kini menjadi kenyataan di Argentina. Sebuah kesepakatan sewa yang unik antara pemilik dan penyewa di Rosario, kota terbesar ketiga di Argentina, telah menandai babak baru dalam transaksi real estate.

Kesepakatan ini tidak hanya menunjukkan adaptasi hukum terhadap mata uang digital, tetapi juga menawarkan fleksibilitas pembayaran di tengah inflasi yang tinggi.

Sejarah Baru di Pasar Properti Argentina

tokenisasi nft real estate
Sumber: CryptoSlate

Untuk pertama kalinya di Argentina, sebuah kontrak sewa properti menggunakan Bitcoin telah disepakati. Kontrak yang diinisiasi di Rosario ini memungkinkan penyewa untuk membayar sewa bulanannya dengan nilai setara $100 dalam Bitcoin.

Baca juga: Revolusi Pembayaran di Argentina: Bitcoin Kini Legal untuk Penyelesaian Kontrak!

Pembayaran akan dilakukan melalui platform crypto lokal, Fiwind, yang telah menjadi sarana transaksi bagi kedua belah pihak yang terlibat. Kedua pihak dalam kontrak ini merupakan pengguna crypto yang berpengalaman.

Mereka memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh perubahan hukum yang baru-baru ini diberlakukan oleh pemerintahan Presiden Javier Milei. Perubahan ini dilakukan untuk mengakomodasi penggunaan mata uang digital dalam berbagai transaksi, termasuk sewa properti.

Reformasi Hukum dan Deregulasi Ekonomi

Pemerintahan Presiden Javier Milei telah melakukan reformasi hukum yang signifikan, termasuk memperbolehkan kontrak untuk disepakati dalam mata uang asing atau Bitcoin.

Diana Mondino, Menteri Luar Negeri, Perdagangan Internasional, dan Ibadah, menyatakan bahwa dekrit yang ditujukan untuk reformasi ekonomi dan deregulasi memungkinkan penggunaan Bitcoin dan mata uang crypto lainnya di Argentina.

Pemerintah juga telah mempermudah legalisasi kepemilikan crypto yang terlambat dalam deklarasi pajak. Melalui skema regularisasi, wajib pajak akan membayar pajak tetap sebesar 5% jika mereka mendeklarasikan kepemilikan hingga akhir Maret 2024.

Persentase tersebut akan meningkat menjadi 10% mulai April dan 15% dari Juli hingga akhir September.

Baca juga: Survei: 97% Perusahaan Percaya Pembayaran Crypto Akan Berperan Penting di Tahun 2025

Simbol Perubahan Lanskap Keuangan

Kontrak sewa Bitcoin di Rosario bukan hanya sebuah terobosan di Argentina, tetapi juga simbol dari perubahan lanskap penggunaan mata uang digital dalam kehidupan sehari-hari. Ini menunjukkan penerimaan yang semakin besar terhadap mata uang digital dalam sistem keuangan tradisional.

Kesepakatan ini juga menandai adaptasi kerangka hukum untuk mengakomodasi era baru transaksi keuangan. Kesepakatan ini menetapkan preseden bagi transaksi real estate yang menggunakan crypto.

Dengan adanya dukungan hukum yang lebih fleksibel, diharapkan akan ada lebih banyak kesepakatan serupa di masa depan. Ini membuka peluang bagi individu dan bisnis untuk memanfaatkan fleksibilitas dalam transaksi keuangan mereka.

Secara keseluruhan, kesepakatan sewa dengan Bitcoin di Argentina ini bukan hanya sebuah inovasi, tetapi juga bukti dari kemajuan teknologi dan adaptasi hukum yang responsif. Dengan langkah ini, Argentina menunjukkan komitmennya untuk menjadi bagian dari ekosistem keuangan global yang terus berkembang dan berinovasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: