Setelah 5 Tahun, Penemu Bitcoin ‘Satoshi Nakamoto’ Kembali Muncul dalam Sebuah Postingan!

author:

Setelah 5 Tahun, Penemu Bitcoin ‘Satoshi Nakamoto’ Kembali Muncul dalam Sebuah Postingan!

Setelah lima tahun tanpa kabar, akun yang diduga milik pendiri Bitcoin, Satoshi Nakamoto, kembali muncul dengan postingan baru. Sementara itu, spekulasi tentang identitas sebenarnya dari Satoshi terus memanas dengan munculnya kandidat baru: Leonard “Len” Harris Sassaman.

Misteri Dibalik Postingan Terbaru Satoshi Nakamoto

cuitan satoshi nakamoto
Sumber: Twitter

Pada 2 Oktober 2023, akun yang diduga milik Satoshi Nakamoto baru-baru ini kembali aktif dengan postingan pertama setelah lima tahun. Postingan terakhir dari akun ini adalah pada 31 Oktober 2018.

Baca juga: Siapa itu Satoshi Nakamoto, Sosok Penemu Bitcoin?

Dalam postingan terbarunya, Bitcoin disebut sebagai “mesin predikat” dengan aspek-aspek yang belum dieksplorasi. Satoshi berjanji akan membahas aspek-aspek ini yang tidak dijelaskan dalam whitepaper Bitcoin dalam beberapa bulan mendatang.

Lebih lanjut, postingan ini telah dilihat lebih dari satu juta kali dalam kurang dari 24 jam sejak diposting.

Leonard “Len” Harris Sassaman: Apakah Dia Satoshi Nakamoto?

Leonard “Len” Harris Sassaman, lahir pada tahun 1980 di Pennsylvania, AS, kini menjadi kandidat terbaru yang dianggap sebagai Satoshi Nakamoto.

Sassaman adalah anggota penting dari komunitas cypherpunk dan memiliki ketertarikan yang mendalam dalam privasi. Dia juga bekerja sama dengan Philip Zimmermann dalam protokol penandatanganan kunci Zimmerman-Sassaman.

Meskipun ada beberapa kemiripan antara Sassaman dan Satoshi, seperti pandangan mereka tentang privasi dan cara mereka mengekspresikan diri, komunitas kripto masih terbagi tentang apakah Sassaman benar-benar adalah Satoshi Nakamoto.

Baca juga: Rahasia Satoshi Nakamoto Terungkap? Apakah Hal Finney dan Len Sassaman Adalah Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin?

Kontroversi Identitas Satoshi Nakamoto Berlanjut

satoshi nakamoto miliarder crypto terkaya
Sumber: Kancelaria EuroLedge

Identitas sebenarnya dari Satoshi Nakamoto tetap menjadi misteri. Banyak orang telah mengklaim sebagai Satoshi, termasuk ilmuwan komputer Australia, Craig Wright.

Namun, klaim Wright telah dipertanyakan berulang kali. John E. Deaton, seorang pengacara kripto, menyoroti kompleksitas identitas misterius Satoshi Nakamoto dan mengatakan bahwa Wright mungkin terlibat atau mengetahui tentang Satoshi, tetapi dia mungkin bukan pencipta Bitcoin yang sebenarnya.

Dengan postingan baru di akun yang diduga milik Satoshi, kontroversi tentang identitasnya semakin memanas.

Pada akhirnya, kembalinya akun yang diduga milik Satoshi Nakamoto dan spekulasi terbaru tentang identitasnya menambah daftar misteri yang belum terpecahkan di dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: