Server Kamu Aman? Hati-hati Serangan Siber Mengintai Pengguna Windows Server!

Server Kamu Aman? Hati-hati Serangan Siber Mengintai Pengguna Windows Server!

Dunia maya kembali dihebohkan dengan serangkaian serangan siber yang menargetkan server-server berbasis Windows. Dari pencurian data hingga penyebaran malware, para hacker tidak kenal lelah mencari celah keamanan. Apakah server kamu sudah terlindungi dari ancaman ini?

Alat Keamanan IIS Crypto untuk Windows Server

IIS Crypto merupakan alat gratis yang memungkinkan administrator untuk mengaktifkan atau menonaktifkan protokol, cipher, hash, dan algoritma pertukaran kunci pada Windows Server. Alat ini juga memungkinkan kamu untuk mengurutkan kembali suite cipher SSL/TLS yang ditawarkan oleh IIS, mengubah pengaturan lanjutan, dan menerapkan Praktik Terbaik hanya dengan satu klik.

IIS Crypto telah diuji pada Windows Server 2008 hingga 2022, memastikan keamanan server kamu dari serangan yang tidak diinginkan. Dengan IIS Crypto, kamu dapat membuat template kustom yang dapat disimpan dan digunakan pada banyak server.

Baca Juga: Baby Doge Coin: Kenaikan Harga Baby Doge Coin yang Menggemparkan Pasar Crypto

Ini sangat berguna untuk memastikan konsistensi konfigurasi keamanan di seluruh infrastruktur IT kamu. Versi baris perintah dari IIS Crypto menyediakan template bawaan yang sama dengan versi GUI dan juga dapat digunakan dengan template kustom yang telah kamu buat.

Serangan Siber Terbaru pada Server Microsoft

microsoft cari ahli ai

Baru-baru ini, tim Exchange Microsoft meminta para admin untuk menerapkan patch “lebih baik” untuk mengatasi kerentanan kritis pada Microsoft Exchange Server. Sementara itu, kelompok peretas Lazarus yang didukung oleh negara Korea Utara, dikenal karena menyerang server Windows Internet Information Service (IIS) untuk mendistribusikan malware.

Serangan tidak hanya berhenti di sana, agensi federal AS juga dilaporkan telah diretas melalui celah lama pada Telerik untuk mencuri data. Selain itu, malware baru bernama ‘Frebniss’ telah ditemukan, yang diam-diam mengeksekusi perintah melalui permintaan web pada server IIS Microsoft. Ini menunjukkan pentingnya menjaga server kamu tetap diperbarui dan diamankan dari ancaman yang terus berkembang.

Perlindungan dan Pencegahan Serangan Siber

Untuk menguji keamanan situs setelah melakukan perubahan, IIS Crypto menyediakan tombol Site Scanner. Dengan memasukkan URL dan menekan tombol Scan, kamu dapat memeriksa apakah ada kerentanan yang masih tersisa.

Selain itu, Microsoft telah memperbaiki lebih dari 120 kelemahan pada patch keamanan Agustus 2020, termasuk salah satu yang memungkinkan penyerang membekukan server IIS hanya dengan streaming video.

Penting bagi kamu untuk selalu waspada terhadap teknik baru yang digunakan oleh peretas, seperti penggunaan log server web IIS untuk mengontrol malware. Dengan meningkatnya serangan yang menggunakan ekstensi web server IIS yang berbahaya, penting bagi kamu untuk memastikan bahwa server kamu tidak hanya terlindungi, tetapi juga terpantau secara aktif.

Paragraf Penutup

Dalam dunia yang terus terhubung ini, keamanan siber menjadi prioritas utama bagi setiap organisasi. Jangan biarkan server kamu menjadi korban selanjutnya dari serangan siber. Pastikan untuk selalu memperbarui sistem dan menggunakan alat keamanan seperti IIS Crypto untuk melindungi aset digital kamu.

Baca Juga: Investasi Berisiko Tinggi? SFC Hong Kong Soroti Program Staking Floki Inu!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

  • Nartac Software. IISCrypto. Diakses pada tanggal 29 Januari 2024