Founder Chainlink Sergey Nazarov Ungkap Realitas Desentralisasi di Industri Crypto? Ini Katanya!

Founder Chainlink Sergey Nazarov Ungkap Realitas Desentralisasi di Industri Crypto? Ini Katanya!

Desentralisasi telah menjadi kata kunci dalam dunia blockchain. Namun, apakah kita benar-benar memahami makna sebenarnya? Sergey Nazarov, pendiri Chainlink, berbicara tentang realitas desentralisasi dan keamanan jembatan crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Desentralisasi?

chainlink terdesentralisasi
Sumber: Bitcoinist

Desentralisasi seringkali menjadi topik hangat di industri crypto. Namun, Sergey Nazarov berpendapat bahwa banyak proyek yang mengklaim sebagai terdesentralisasi sebenarnya hanya menggunakan istilah tersebut untuk menarik investasi. Menurutnya, hanya Chainlink, Bitcoin, dan Ethereum yang benar-benar terdesentralisasi.

Desentralisasi bukan hanya tentang keamanan. Bagi beberapa orang, ini bisa berarti sebuah sistem yang dapat mendistribusikan kekuatan suara. Namun, realitas yang sering diabaikan adalah bahwa desentralisasi adalah sebuah spektrum.

Ethereum, salah satu blockchain terbesar, saat ini menghadapi masalah sentralisasi sendiri, terutama dengan dominasi Lido Finance dan kolam staking-nya. Ini menunjukkan bahwa bahkan proyek besar pun bisa menghadapi tantangan desentralisasi.

Baca Juga: Chainlink Luncurkan Platform ‘Chainlink Functions’, Apa Kegunaannya?

Kenyataan Tentang Jembatan Crypto

Dengan Chainlink yang berupaya memasuki ruang jembatan lintas rantai, Nazarov mengklaim bahwa sebagian besar jembatan tidak aman. Menurutnya, industri crypto seringkali berinvestasi dalam proyek yang tidak mampu mengamankan ekosistem.

Infrastruktur jembatan telah menjadi tantangan khusus untuk didesentralisasi. Kebanyakan jembatan adalah server tunggal yang mentransmisikan informasi dan nilai antara dua rantai, yang menurut Nazarov, sama sekali tidak aman.

Sebagai alternatif, Nazarov membayangkan platform komunikasi lintas rantai yang dijalankan oleh beberapa jaringan terpisah yang dapat merespons risiko secara dinamis. Salah satu contohnya adalah Protokol Interoperabilitas Lintas Rantai Chainlink (CCIP).

Baca Juga: Chainlink Mengalami Lonjakan Aktivitas, LINK Tunjukkan Tanda-tanda Bullish!

Masa Depan Desentralisasi dan Jembatan Crypto

Nazarov menekankan pentingnya mengakhiri siklus buzzword dan fokus pada pembangunan sistem yang menawarkan keamanan dan keandalan yang tepat.

Dia juga percaya bahwa ada tanggung jawab pada individu untuk menjadi konsumen yang lebih terdidik dalam industri crypto.

Dengan perdebatan desentralisasi yang semakin hidup, pertanyaannya adalah apakah industri crypto dapat memenuhi tujuan utamanya atau tidak.

Desentralisasi dan keamanan jembatan crypto adalah dua isu penting yang saat ini dihadapi oleh industri. Hanya dengan pemahaman yang mendalam dan pendekatan yang tepat, industri ini dapat mencapai potensinya yang sebenarnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: