Serangan Siber Hantam FTX! Apa yang Harus Kamu Ketahui & Bagaimana Tanggapan FTX?

Serangan Siber Hantam FTX! Apa yang Harus Kamu Ketahui & Bagaimana Tanggapan FTX?

Platform klaim FTX, salah satu bursa crypto terkemuka, baru-baru ini mengalami serangan siber yang mengguncang pasar crypto.

Namun, dengan respons cepat dan tindakan pencegahan yang tepat, FTX telah mengembalikan layanannya dengan keamanan yang lebih kuat. Mari kita telusuri detailnya.

Detail Seranga

Pada awal Agustus 2023, Kroll, agen manajemen klaim pihak ketiga FTX, mengungkapkan bahwa mereka menjadi korban serangan “SIM swapping”.

Serangan ini memungkinkan individu yang tidak berwenang mengakses file tertentu yang berisi detail pribadi klaim kebangkrutan yang terkait dengan FTX, BlockFi, dan Genesis. Namun, data penting seperti kata sandi FTX atau detail KYC tetap aman.

Baca Juga: Kocak! Para Petinggi Crypto Bagikan Meme Binance Akuisisi FTX!

FTX mengalami serangan siber yang mengakibatkan penutupan sementara. Meskipun data yang terpapar bukan data sensitif, ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan pengguna.

Pada 27 Agustus, FTX mengumumkan penangguhan sementara akun bagi pengguna yang terpengaruh setelah serangan siber terhadap Kroll pertama kali ditemukan.

Langkah-langkah Keamanan Baru

Twitter

Sebagai respons terhadap serangan ini, FTX telah memperkuat platform klaimnya dengan protokol keamanan yang ditingkatkan untuk mencegah pelanggaran di masa depan.

Meskipun akun dihentikan sementara sebagai langkah pencegahan, FTX telah mengimplementasikan langkah-langkah keamanan tambahan dan kini telah mengembalikan akses ke portal klaim.

Pengadilan Kebangkrutan AS untuk Distrik Delaware baru-baru ini memberikan persetujuan untuk penjualan aset digital FTX.

Hakim John Dorsey mengeluarkan keputusan yang memungkinkan FTX untuk menjual aset dalam batch mingguan.

Apa Selanjutnya untuk Kreditor FTX?

Klien FTX memiliki batas waktu hingga 29 September untuk mengajukan bukti klaim mereka melalui Kroll.

Portal yang diaktifkan kembali memungkinkan kreditor untuk terus mengajukan klaim untuk aset digital yang dipegang di bursa sebelum bursa tersebut dinyatakan bangkrut pada November 2022.

Baca Juga: Pergerakan Dana FTX Terungkap: Pembelian Yacht Mewah Hingga Transfer Tunai Besar-besaran!

Menurut laporan, FTX dan FTX US saat ini menghadapi gugatan yang melibatkan klaim senilai $16 miliar, dengan 10% sudah disepakati.

Paragraf Penutup

Meskipun serangan siber pada Kroll menciptakan hambatan sementara, respons cepat FTX dan langkah-langkah keamanan tambahan menunjukkan komitmen mereka terhadap keamanan pengguna.

Dengan proses klaim yang dilanjutkan, banyak mata akan tertuju pada hasilnya dan pemulihan potensial bagi kreditor yang terpengaruh.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: