Serangan Misterius Rugikan dYdX $9 Juta: Apa yang Terjadi?

author:

Serangan Misterius Rugikan dYdX $9 Juta: Apa yang Terjadi?

Dunia crypto baru-baru ini dikejutkan oleh serangan terhadap dYdX, sebuah bursa crypto terdesentralisasi, yang mengakibatkan kerugian sebesar $9 juta. Kejadian ini tidak hanya menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor, tetapi juga memicu pertanyaan tentang keamanan dan stabilitas di pasar crypto.

Serangan Terhadap dYdX: Kerugian Besar

dydx alami serangan
Sumber: Twitter

dYdX, platform pertukaran terdesentralisasi, mengalami kerugian besar sebesar $9 juta dari dana asuransinya, menyusul serangan yang ditargetkan. Menurut Antonio Juliano, pendiri dYdX, serangan ini melibatkan manipulasi pasar token Yearn.Finance (YFI), yang harganya anjlok 43%. Tidak ada dana pengguna yang terpengaruh, dan tim dYdX sedang bekerja keras untuk menyelidiki kejadian ini.

Baca juga: Harga dYdX Naik 28% dalam Waktu 24 Jam, Apa Faktor Dibaliknya?

Serangan ini terjadi setelah YFI mengalami kenaikan harga lebih dari 170% dalam beberapa minggu sebelumnya. Juliano menyebut serangan ini sebagai “serangan yang jelas ditargetkan terhadap dYdX,” yang melibatkan manipulasi pasar $YFI secara keseluruhan.

dYdX saat ini sedang menyelidiki insiden ini bersama beberapa mitra, serta meninjau parameter risiko yang mengatur platform v3.

Respons Cepat dYdX dan Tindakan Pencegahan

peran token dydx
Sumber: Yahoo Finance

Sebagai tanggapan atas kejadian ini, dYdX segera menggunakan dana asuransinya untuk mengatasi ketidaksesuaian dalam proses likuidasi, khususnya di pasar YFI. Juliano menegaskan bahwa dana asuransi masih memiliki $13,5 juta, memberikan kepastian kepada pengguna bahwa dana mereka aman. dYdX juga meningkatkan persyaratan margin untuk pasar yang “kurang likuid” termasuk EOS, RUNE, AAVE, dan lainnya.

dYdX telah meluncurkan penyelidikan menyeluruh atas serangan yang diduga terjadi. Penyelidikan ini dilakukan bersama berbagai entitas untuk mengungkap rincian serangan tersebut. Tujuannya adalah untuk menjaga transparansi dengan komunitas mengenai temuan.

Selain itu, akan ada tinjauan menyeluruh terhadap parameter risiko dYdX, yang bertujuan untuk memperkuat platform terhadap insiden serupa di masa depan.

Baca juga: Market Cap Yearn.Finance (YFI) Melonjak 60%, Sementara Presale Token TGC Berpotensi Naik 100x!

Implikasi Pasar dan Regulasi

Insiden di dYdX menyoroti volatilitas yang melekat pada pasar crypto dan menekankan pentingnya langkah-langkah keamanan yang kuat serta strategi manajemen risiko untuk platform terdesentralisasi.

Kejadian ini juga memunculkan pertanyaan tentang konsentrasi pasar dan pengaruh pemegang besar dalam membentuk dinamika pasar. Hasil penyelidikan yang sedang berlangsung kemungkinan akan memberikan wawasan lebih lanjut tentang masalah ini, berpotensi mempengaruhi pendekatan regulasi dan operasional di masa depan dalam industri aset digital.

Secara keseluruhan, serangan terhadap dYdX dan kerugian $9 juta yang diakibatkannya merupakan peringatan bagi dunia crypto tentang pentingnya keamanan dan transparansi. Bagaimana dYdX dan pemain lain di industri ini merespons akan berdampak pada kepercayaan investor dan stabilitas pasar di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: