Serangan Siber Guncang Manta Network di Tengah Euforia Peluncuran Token!

Serangan Siber Guncang Manta Network di Tengah Euforia Peluncuran Token!

Manta Network, platform blockchain Layer 2 yang terkenal, baru-baru ini diguncang oleh serangan Distributed Denial of Service (DDoS) yang masif. Serangan ini terjadi bertepatan dengan momen penting peluncuran token mereka di beberapa bursa crypto terkemuka. Meskipun dihadapkan pada tantangan keamanan siber yang serius, Manta Network berhasil mempertahankan operasionalnya dan menjamin keamanan dana pengguna. Simak beritanya disini!

Serangan DDoS di Puncak Kesuksesan

sernagan ddos manta network
Serangan DDoS pada 18 Januari terhadap Manta Network. Sumber: Kenny Li

Pada tanggal 18 Januari, ketika Manta Network merayakan pencapaian besar dengan peluncuran token di bursa crypto seperti Binance, Bithumb, dan KuCoin, serangan DDoS yang agresif menyerang. Lebih dari 135 juta permintaan RPC membanjiri node-node blockchain Manta Network.

Kenny Li, salah satu pendiri P0xeidon Labs, menggambarkan serangan tersebut sebagai “serangan yang sangat agresif dan terkoordinasi”. Meskipun serangan tersebut mengganggu komunikasi antara aplikasi dan blockchain, Li menegaskan bahwa operasi blockchain tetap aman dan semua dana pengguna terlindungi.

Li berkomentar:

“Tenang saja, kami tidak akan kemana-mana. Kami telah membangun selama tiga tahun, dan kami tidak melihat ada akhirnya. Terima kasih banyak atas dukungan Anda sebagai komunitas.”

Serangan ini tidak menghentikan keberhasilan peluncuran token Manta, yang mencatatkan nilai $2,27 dengan kapitalisasi pasar sepenuhnya sebesar $2,27 miliar. Volume perdagangan mencapai angka yang mengesankan, dengan lebih dari $686 juta token Manta diperdagangkan dalam beberapa jam pertama.

Baca Juga: Binance Menambahkan Manta Network Saat TVL Manta Pacific Melebihi $800 Juta!

Keamanan Dana dan Kinerja Pasar

manta network binance
Sumber: Medium

Meskipun mengalami serangan siber, Manta Network menunjukkan ketangguhan dengan memastikan bahwa dana pengguna tetap aman. Keamanan ini menjadi prioritas utama bagi Manta Network, yang menggunakan teknologi bukti nol-pengetahuan untuk melindungi transaksi dan privasi pengguna.

Serangan tersebut tidak mengurangi kepercayaan investor, terbukti dengan kenaikan nilai total terkunci (TVL) Manta Pacific sebesar 70 kali lipat dalam kuartal terakhir. Nilai token Manta sempat mengalami penurunan sebesar 7% dalam 24 jam pasca-serangan, namun tim Manta Network tetap optimis.

Mereka berterima kasih kepada komunitas atas dukungan yang diberikan dan berkomitmen untuk meningkatkan ketahanan jaringan terhadap ancaman di masa depan. P0xeidon Labs juga telah berhasil mengumpulkan dana sebesar $25 juta dalam putaran pendanaan Seri A dan meluncurkan infrastruktur Layer 2, Manta Pacific.

Kesimpulan

Serangan DDoS yang dialami Manta Network menjadi pengingat akan pentingnya keamanan siber dalam industri crypto. Namun, dengan respon cepat dan efektif, Manta Network telah membuktikan ketahanannya terhadap serangan dan komitmennya untuk melindungi aset pengguna. Ke depan, Manta Network diharapkan terus berkembang dan memperkuat posisinya di pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi