Skandal Keamanan Cyber: Radiant Capital Kehilangan $4,5 Juta!

Skandal Keamanan Cyber: Radiant Capital Kehilangan $4,5 Juta!

Serangan siber kembali mengguncang dunia crypto, kali ini menimpa Radiant Capital. Protokol pinjaman lintas-rantai ini mengalami kerugian besar setelah serangan pinjaman kilat (flash loan) yang mengakibatkan kehilangan dana sebesar $4,5 juta dalam bentuk Ethereum (ETH). Insiden ini memaksa Radiant Capital untuk menghentikan sementara operasi pasar pinjaman dan peminjaman mereka di Arbitrum. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Eksploitasi Keamanan: Serangan Pinjaman Kilat

Serangan yang terjadi pada Radiant Capital merupakan hasil dari eksploitasi celah keamanan yang dikenal sebagai serangan pinjaman kilat. Menurut firma keamanan blockchain Beosin, serangan ini memanfaatkan masalah pembulatan dalam kode yang mengakibatkan kesalahan presisi kumulatif. PeckShield, firma keamanan lain, juga mengidentifikasi masalah serupa yang berasal dari kode dasar Compound/Aave yang sudah dikenal sebelumnya.

Serangan tersebut berhasil menguras total $4,5 juta dalam bentuk ETH dari protokol, berdasarkan data dari eksplorer blok Arbitrum, Arbiscanner. Radiant Capital telah menghentikan operasi pasar pinjaman dan peminjaman di Arbitrum dan menegaskan bahwa tidak ada dana tambahan yang berisiko saat ini. Mereka berjanji akan memberikan analisis mendalam dan berencana untuk mengembalikan operasi normal setelah penyelidikan selesai.

Baca Juga: Ant Group Mundur dari Investasi $100 Juta di A&T Capital, Apa Alasannya?

Respons dan Penanganan Insiden

insiden radiant capital
Sumber: Akun X Radiant Capital

Radiant Capital telah mengakui masalah tersebut dan menyatakan bahwa Dewan Radiant DAO telah menangguhkan pasar pinjaman dan peminjaman di Arbitrum sementara waktu. Hal ini dilakukan untuk menyelidiki masalah lebih lanjut, khususnya terkait dengan pasar USDC yang baru dibuat di Arbitrum. Mereka juga berencana untuk menerbitkan laporan postmortem setelah masalah ini terselesaikan.

Dalam upaya untuk menjaga keamanan dana pengguna, Radiant Capital menegaskan bahwa dana yang ada saat ini tidak berisiko. Mereka juga berkomitmen untuk kembali ke operasi normal setelah penyelidikan selesai. Namun, Radiant Capital belum memberikan tanggapan langsung atas permintaan klarifikasi lebih lanjut.

Baca Juga: Terobosan Baru di Dunia Crypto: HashKey Capital Singapore Dapat Lisensi dari MAS

Implikasi dan Keamanan Crypto

Kejadian ini tidak berdampak signifikan terhadap total nilai aset yang terkunci dalam protokol, yang saat ini berada di sekitar $315 juta, menurut data DeFillama. Namun, kejadian ini menyoroti pentingnya keamanan dalam ekosistem crypto dan risiko yang terkait dengan protokol pinjaman dan peminjaman lintas-rantai.

Platform media sosial X telah dipenuhi dengan akun Radiant Capital palsu yang memposting tautan phishing. Akun resmi protokol telah mendesak komunitas untuk memverifikasi informasi dari saluran resmi dan memperingatkan bahwa banyak akun imitasi mungkin akan menyebarkan informasi palsu atau tautan palsu.

Kesimpulan

Insiden ini menjadi pengingat bagi komunitas crypto tentang pentingnya keamanan dan kewaspadaan terhadap serangan siber. Radiant Capital saat ini sedang bekerja keras untuk menyelesaikan masalah ini dan berjanji untuk memberikan transparansi penuh kepada penggunanya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: