Senator Warren Dikecam Komunitas Crypto Atas Tuduhan Penghindaran Sanksi, Apa yang Terjadi?

Senator Warren Dikecam Komunitas Crypto Atas Tuduhan Penghindaran Sanksi, Apa yang Terjadi?

Kontroversi terbaru mengguncang dunia crypto saat Senator Elizabeth Warren menuding industri ini sebagai alat penghindaran sanksi. Tudingan tersebut memicu reaksi keras dari para pemimpin komunitas crypto, yang menilai pernyataan Warren sebagai upaya terbaru untuk mencemarkan nama baik sektor ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Senator Warren dan Laporan GAO

Senator Warren menggunakan laporan dari U.S. Government Accountability Office (GAO) untuk mendukung klaimnya bahwa negara-negara tertentu memanfaatkan crypto dalam menghindari sanksi.

Laporan GAO menyebutkan bahwa Bitcoin dan mata uang digital lainnya dapat memfasilitasi transfer dana lintas negara dengan cepat, yang berpotensi disalahgunakan untuk mengelak dari sanksi yang diberlakukan.

Namun, GAO juga mengakui bahwa sifat terdesentralisasi dan sistem buku besar publik dari crypto dapat membantu agensi pemerintah AS dalam melacak transaksi tersebut. Hal ini berpotensi membantu pemerintah dalam mengidentifikasi pelaku ilegal yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga: Senator Warren Beri Tekanan ke Industri Crypto: Apakah CBDCs Akan Segera Muncul?

Reaksi Komunitas Crypto

reaksi komunitas crypto terhadap warren
Sumber: Akun X Elizabeth Warren

Pernyataan Senator Warren memicu reaksi kuat dari komunitas crypto, yang menggunakan fitur Community Notes di X (sebelumnya Twitter) untuk memeriksa fakta pernyataan sang senator. Paul Grewal, Chief Legal Officer Coinbase, menolak laporan GAO karena dianggap tidak memiliki “analisis komparatif”.

Perianne Boring, CEO Digital Chamber, juga menentang klaim Senator Warren, dengan menyatakan bahwa rancangan undang-undang yang direncanakan Warren adalah larangan crypto secara tidak langsung. Boring menekankan bahwa mendorong teknologi ke luar negeri agar dapat didominasi oleh lawan-lawan AS justru akan mengurangi keamanan nasional.

Baca Juga: Keputusan Kontroversial SEC Terkait ETF Bitcoin: Apa Dampaknya bagi Kamu?

Perdebatan Regulasi dan Inovasi

Debat ini menyoroti ketegangan antara kebutuhan regulasi dan dukungan terhadap inovasi. Banyak suara di komunitas crypto mengecam Senator Warren sebagai “anti-inovasi”. Mereka menunjukkan bahwa banyak perusahaan crypto sudah beroperasi sesuai dengan hukum setempat, menantang narasi tentang ketidakpatuhan.

Kritikus juga menekankan bahwa crypto memiliki potensi positif yang sering diabaikan dalam diskusi tentang penggunaan ilegal. Mereka berpendapat bahwa teknologi ini seharusnya tidak dihukum karena tindakan segelintir pelaku yang tidak bertanggung jawab.

Kesimpulan

Polemik antara Senator Warren dan komunitas crypto terus berlanjut, dengan kedua belah pihak menegaskan posisi mereka. Sementara Warren mendorong regulasi yang lebih ketat, komunitas crypto berjuang untuk menjaga ruang bagi inovasi dan pertumbuhan industri yang masih muda ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi