Langkah Baru Senator AS untuk Melawan Penggunaan Ilegal Aset Crypto

Langkah Baru Senator AS untuk Melawan Penggunaan Ilegal Aset Crypto

Senator Amerika Serikat, Cynthia Lummis (R-WY) dan Bill Hagerty (R-TN), telah mengenalkan sebuah rancangan undang-undang baru yang bertujuan untuk melawan penggunaan ilegal aset crypto.

RUU ini, yang dikenal sebagai “Preventing Illicit Finance Through Partnership Act of 2024”, dirancang untuk meningkatkan koordinasi antara agensi federal dan perusahaan swasta dalam upaya memerangi aktivitas keuangan ilegal di sektor crypto.

Kerjasama Publik-Swasta dalam Melawan Keuangan Ilegal

RUU ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara lembaga penegak hukum federal dan sektor swasta. Senator Hagerty menekankan bahwa agensi penegak hukum federal sudah memiliki alat yang diperlukan untuk memerangi keuangan ilegal, namun yang dibutuhkan adalah komunikasi yang lebih baik dengan sektor swasta untuk menerapkannya secara efektif.

Baca Juga: Eksodus Developer Crypto, Tanda Krisis atau Peluang Baru?

Melalui kolaborasi dan berbagi informasi, RUU ini diharapkan dapat memastikan semua pihak bekerja bersama untuk mendeteksi dan mengganggu pelaku kejahatan.

Mekanisme RUU

ruu proof
Sumber: Forkast News

Jika disetujui, “Preventing Illicit Finance Through Partnership Act of 2024” akan mendirikan program percontohan yang dipimpin oleh Jaksa Agung dan melibatkan 20 organisasi layanan uang. Program ini akan memungkinkan agensi federal untuk berbagi kemungkinan kejadian keuangan ilegal yang terdeteksi dengan entitas swasta terkait, dan sebaliknya.

RUU ini juga akan memberikan saluran bagi perusahaan swasta untuk menginformasikan agensi federal tentang transfer uang yang mencurigakan dan penghindaran sanksi.

Solusi Kolaboratif untuk Sektor Crypto

RUU ini merupakan salah satu dari beberapa rancangan undang-undang terkait crypto yang telah diperkenalkan dalam setahun terakhir. Senator Elizabeth Warren juga telah mendapatkan dukungan untuk “Digital Asset Anti-Money Laundering Act” yang akan memberlakukan persyaratan kepatuhan yang ketat pada aktor kunci di ruang crypto.

Namun, RUU Lummis dan Hagerty mungkin dilihat sebagai pendekatan kolaboratif untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi sektor crypto.

Senator Lummis menekankan bahwa kemitraan publik-swasta ini akan membantu menginformasikan regulator tentang kasus penggunaan aset crypto dan membuka jalan untuk menetapkan aturan federal yang akan menjaga industri ini di Amerika dan memperkuat peran crypto sebagai batas baru inovasi keuangan.

Paragraf Penutup

Inisiatif legislatif ini menandai langkah penting dalam upaya mengatur sektor crypto, dengan menekankan pentingnya kerjasama antara sektor publik dan swasta. Bagi kamu yang terlibat dalam industri crypto, RUU ini menawarkan pandangan baru tentang bagaimana kerjasama dapat membantu mengatasi tantangan regulasi crypto dan keamanan dalam ekosistem crypto.

Baca Juga: Penurunan Kejahatan Crypto Sinyalkan Era Baru Pertumbuhan Pasar!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: