Senator AS Menentang Rencana Mata Uang Digital Biden, Kenapa?

author:

Senator AS Menentang Rencana Mata Uang Digital Biden, Kenapa?

Pemerintahan Biden berencana untuk menerbitkan “dolar digital” dengan mata uang digital bank sentral (CBDC). Lima senator Amerika Serikat, termasuk Ted Cruz, Bill Hagerty, Rick Scott, Ted Budd, dan Mike Braun, menentang rencana ini dan memperkenalkan Undang-Undang Anti-Surveillance State CBDC.

Mereka khawatir CBDC akan digunakan untuk mengawasi warga negara dan melanggar kebebasan.

Senator Cruz Memimpin Penentangan terhadap CBDC untuk Melindungi Privasi dan Mencegah Pengawasan

Senator Cruz memperkenalkan undang-undang untuk melarang mata uang digital bank sentral. Sumber: senate.gov

Senator Ted Cruz memimpin sekelompok senator dalam memperkenalkan RUU yang melarang penerbitan CBDC. Mereka berpendapat bahwa CBDC dapat menyebabkan pengawasan pemerintah yang berlebihan dan melanggar kebebasan warga negara Amerika.

Baca juga: CBDC: Ancaman Siber atau Mata Uang Masa Depan?

Senator Hagerty mengkritik upaya pemerintah untuk mengeksploitasi sistem keuangan untuk tujuan politik dan menyatakan bahwa CBDC dapat menjadi alat untuk eksploitasi tersebut.

Senator Cruz menekankan pentingnya kejelasan kongres mengenai kurangnya kewenangan Federal Reserve untuk menerapkan CBDC, dengan alasan kekhawatiran atas privasi dan pelanggaran kebebasan.

RUU Anti-Surveillance State CBDC Menantang Kewenangan Federal Reserve

5 Hal Menarik yang Ada di Undang - Undang Ini
Sumber : Vulcan Post

RUU yang diusulkan bertujuan untuk membatasi kemampuan Federal Reserve untuk menerbitkan CBDC secara langsung kepada individu atau secara tidak langsung melalui lembaga keuangan.

RUU ini juga berupaya mencegah Federal Reserve menggunakan CBDC untuk mempengaruhi kebijakan moneter atau ekonomi. Selain itu, undang-undang tersebut akan memerlukan otorisasi eksplisit dari Kongres untuk setiap penerbitan CBDC di masa mendatang.

Senator Budd menyoroti risiko terhadap privasi keuangan dan menyatakan bahwa CBDC akan membuka pintu bagi pemerintah federal untuk mengawasi dan mengendalikan kebiasaan belanja semua warga Amerika.

Baca juga: Robert F. Kennedy Jr. dan Donald Trump Bersatu Menentang CBDC? Ini Faktanya!

Dukungan dari Berbagai Asosiasi dan Tokoh Politik

Inisiatif ini telah mendapat dukungan dari lima asosiasi, termasuk Heritage Action for America, Blockchain Association, American Bankers Association, Independent Community Bankers Association, dan Club for Growth.

Dukungan ini mencerminkan kekhawatiran yang lebih luas di antara berbagai pemangku kepentingan tentang implikasi potensial CBDC terhadap privasi dan kekuasaan pemerintah. Penentangan terhadap CBDC tidak terbatas pada senator saat ini.

Mantan Presiden Donald Trump dan calon presiden Robert F. Kennedy Jr. juga telah menyatakan keprihatinan mereka. Trump telah berjanji untuk menentang pembentukan CBDC jika terpilih kembali, dengan alasan bahwa CBDC merupakan ancaman bagi kebebasan.

Sementara itu, Kennedy menyoroti potensi CBDC untuk memungkinkan pengawasan pemerintah dan kontrol atas transaksi individu, dengan menarik kesejajaran dengan yuan digital China dan sistem kredit sosial yang terkait.

Penentangan terhadap rencana mata uang digital Biden oleh sekelompok senator Amerika Serikat menunjukkan kekhawatiran yang signifikan tentang implikasi privasi dan pengawasan dari CBDC.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: