Senator AS Kritik Keras Departemen Kehakiman atas Penanganan Crypto Mixer!

Senator AS Kritik Keras Departemen Kehakiman atas Penanganan Crypto Mixer!

Jakarta, Pintu News – Departemen Kehakiman Amerika Serikat (DOJ) menjadi sasaran kritik tajam dari dua senator AS, Cynthia Lummis (R-Wyo.) dan Ron Wyden (D-Ore.), atas pendekatan penegakan hukum terhadap cryptocurrency. Mereka khawatir bahwa departemen tersebut telah memperluas jangkauannya ke crypto mixer dalam beberapa bulan terakhir. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Senator AS Kirim Surat ke Jaksa Agung

Dalam sebuah surat yang dikirimkan kepada Jaksa Agung AS Merrick Garland minggu lalu, Wyden dan Lummis menyatakan “kekhawatiran besar” mereka atas perluasan definisi pengiriman uang oleh DOJ, sebagaimana ditetapkan oleh Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN) Departemen Keuangan.

“Saya khawatir interpretasi DOJ akan memperlakukan pengembang perangkat lunak sebagai penjahat hanya karena menulis dan menerbitkan kode yang digunakan oleh orang lain – sebuah preseden berbahaya yang bertentangan dengan hukum yang telah ditetapkan selama puluhan tahun dan menimbulkan masalah serius Amandemen Pertama,” kata Wyden dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

Baca Juga: Korea Selatan Siapkan Regulasi Ketat untuk Penggunaan Mixer Aset Crypto!

DOJ Perluas Definisi Pengiriman Uang

doj pengiriman uang
Sumber: Akun X Senator Cynthia Lummis

Kritik ini muncul setelah DOJ menuduh dua crypto mixer, Samourai Wallet dan Tornado Cash, menjalankan bisnis pengiriman uang tanpa izin. Wyden dan Lummis mengutip Bank Secrecy Act dalam surat mereka, dengan alasan bahwa layanan pengiriman uang harus mencakup menerima mata uang, dana, atau nilai, yang juga tercermin dalam aturan FinCEN.

Wyden dan Lummis berpendapat dalam surat mereka bahwa definisi FinCEN tentang pengiriman uang tidak mencakup penyedia layanan crypto non-kustodian. “Tidak pada satu titik pun ketika mengoperasikan atau menyediakan layanan non-kustodian, penyedia layanan tersebut ‘menerima’ aset crypto dari pengguna mereka,” kata mereka.

Baca Juga: Samourai Wallet: Pendiri Layanan Crypto Mixer Ditangkap Atas Tuduhan Pencucian Uang!

Kasus Terbaru yang Disorot

Wyden dan Lummis menunjuk pada dua contoh terbaru dari jangkauan Departemen, termasuk tuduhan pada bulan April terhadap salah satu pendiri layanan pencampuran crypto Samourai dan balasan singkat dalam kasus mereka terhadap Tornado Cash.

Bulan lalu, dua salah satu pendiri Samourai Wallet didakwa menjalankan bisnis pengiriman uang tanpa izin. DOJ mengatakan mereka terlibat dalam lebih dari $2 miliar transaksi ilegal dan memfasilitasi lebih dari $100 juta transaksi pencucian uang dari pasar dark web ilegal, termasuk Silk Road.

Kedua senator tersebut juga menunjuk pada balasan singkat dari DOJ terhadap pengembang layanan pencampuran crypto Tornado Cash bulan lalu.

Tahun lalu, jaksa mendakwa salah satu pendiri Tornado Cash, Roman Storm dan Roman Semenov, dengan konspirasi untuk melakukan pencucian uang, konspirasi untuk melakukan pelanggaran sanksi, dan konspirasi untuk mengoperasikan bisnis pengiriman uang tanpa izin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi