Kontroversi Prometheum: Senator AS Desak Penyelidikan Pelanggaran Hukum Sekuritas!

Kontroversi Prometheum: Senator AS Desak Penyelidikan Pelanggaran Hukum Sekuritas!

Senator Republik Thomas Tuberville dari Alabama berpendapat bahwa perusahaan aset digital Prometheum harus diselidiki oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) dan Departemen Kehakiman (DOJ).

Selain Tuberville, anggota parlemen Republik Mark Alford, Blaine Luetkemeyer, Ralph Norman, Byron Donalds, dan Barry Loudermilk juga telah menandatangani surat tersebut.

Tuduhan Kesaksian Palsu dan Pelanggaran Hukum Sekuritas

“Kami menulis untuk menyampaikan kekhawatiran bahwa Prometheum, Inc. (Prometheum) mungkin telah memberikan kesaksian palsu kepada Kongres atau melanggar hukum sekuritas AS,” isi rincian surat tersebut.

Baca Juga: 67 Crypto Kini Disebut Sekuritas oleh SEC, Apa Dampaknya?

Senator Tuberville menunjukkan bahwa Co-CEO Prometheum, Aaron Kaplan, memberi kesaksian di depan Komite Jasa Keuangan DPR AS, menyatakan bahwa perusahaan mulai mengembangkan platform teknologinya secara independen dari mitra berbasis di China pada Desember 2019.

Namun, laporan keuangan yang diaudit dan pengajuan SEC menunjukkan bahwa Prometheum terus bergantung pada kemitraannya dengan Wanxiang dan Hashkey, anak perusahaan dari entitas berbasis di China.

Permintaan Penyelidikan Mendalam terhadap Prometheum

ruu crypto amerika serikat
Steel Eye

Senator menekankan bahwa laporan keuangan yang diaudit untuk tahun 2020, yang termasuk dalam pengajuan SEC Prometheum, dengan jelas menyatakan bahwa perusahaan bergantung pada Wanxiang sebagai pengembang proyek tunggalnya.

Kehilangan layanan Wanxiang secara teoritis dapat memiliki efek merugikan yang signifikan pada kemampuan Prometheum untuk mengembangkan dan mempertahankan platform-nya, yang mempertanyakan klaim independensi dari mitra Cina-nya.

“Jika Prometheum mulai mengembangkan platform teknologinya sendiri sepenuhnya independen dari mitra berbasis di China, yang memiliki hubungan dengan Partai Komunis China, pada Desember 2019 seperti yang Mr. Kaplan coba buat Kongres percaya dalam kesaksiannya di Kongres, mengapa ini tidak dijelaskan dalam pengajuan SEC Prometheum?” tanya surat tersebut kepada Garland dan Gensler.

Baca Juga: Geram! Industri Crypto Menentang Rencana SEC untuk Mengatur DeFi seperti Bursa Sentralisasi

Senator Tuberville mendesak Garland dan Gensler untuk melakukan tinjauan menyeluruh atas pernyataan Prometheum kepada Kongres, laporan keuangan yang diaudit, dan pengajuan SEC.

Dugaan ketidaksesuaian dalam dokumen ini menimbulkan kekhawatiran tentang kemungkinan pernyataan palsu kepada Kongres dan penipuan sekuritas melalui pengajuan SEC yang menyesatkan menurut isi surat tersebut.

Senator mengakhiri dengan menekankan keseriusan membuat pernyataan palsu kepada Kongres, yang merupakan kejahatan, dan implikasi mengajukan pernyataan palsu atau menyesatkan dalam pengajuan SEC, yang merupakan penipuan sekuritas.

Tuberville menegaskan bahwa pernyataan bertentangan yang dibuat oleh Prometheum di berbagai forum, ditambah dengan hubungannya dengan entitas berbasis di China dengan hubungan CCP, menegaskan perlunya penyelidikan komprehensif.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: