Senator Wanita Amerika Ini Bangkitkan Kembali Upaya Regulasi Crypto di Tengah Gugatan SEC

author:

Senator Wanita Amerika Ini Bangkitkan Kembali Upaya Regulasi Crypto di Tengah Gugatan SEC

Senator Amerika Serikat, Cynthia Lummis, kembali memperjuangkan kerangka regulasi crypto yang mendorong inovasi dan kejelasan. Dalam suasana yang semakin mendesak dengan perkembangan dan adopsi crypto yang semakin cepat, Lummis menerima pujian dari komunitas crypto di Twitter saat ia berbagi komitmennya untuk mengembangkan kerangka regulasi yang memfasilitasi kepemilikan dan perdagangan aset digital di Amerika Serikat.

Upaya Senator Lummis dalam Mendorong Regulasi Crypto

Twitter

Pada 10 Juni 2023, Cynthia Lummis, salah satu Senator Amerika Serikat membagikan sebuah cuitan Twitter di mana ia mengatakan bahwa peraturan 30% pajak penambangan aset digital agar tidak dimasukkan dalam kesepakatan pagu utang telah berhasil meskipun perjuangannya masih belum usai.

Tidak hanya itu, pada cuitan tersebut ia mengatakan bahwa dirinya tengah menyusun kerangka kerja peraturan yang akan memungkinkan individu dan perusahaan untuk memiliki dan memperdagangkan aset digital di Amerika.

Sementara itu, menurut laporan Cointelegraph (11/6/23), Lummis telah berkolaborasi dengan Senator Kirsten Gillibrand dalam inisiatif bipartisan untuk mengusulkan regulasi yang luas untuk crypto.

Baca juga: Tak Lagi Diam, Solana, Polygon, dan Cardano Beri Tanggapan Terkait Label ‘Sekuritas’ dari SEC!

Upaya legislatif yang akan datang ini diharapkan dapat membuat kemajuan signifikan di Kongres tahun ini, memberikan kerangka kerja penting untuk industri aset digital yang berkembang pesat. Lummis menekankan bahwa pertempuran untuk menetapkan kerangka regulasi yang transparan untuk industri crypto masih jauh dari selesai dan layak untuk dinantikan.

Detail Keragka Kerja Crypto yang Diusulkan

regulasi crypto yang jelas
Sumber: The World Economic Forum

Pekan lalu menjadi waktu yang sulit bagi ruang crypto di Amerika Serikat. Menyusul langkah Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) untuk mengkategorikan sejumlah crypto besar sebagai sekuritas, sektor ini merasakan dampak dari keputusan tersebut.

Terkadang disebut sebagai “ratu crypto” dari Senat Amerika Serikat, Lumis sebelumnya telah bekerja pada “Responsible Financial Innovation Act” bipartisan, yang ia tulis bersama dengan Senator Demokrat, Kirsten Gillibrand.

RUU yang diusulkan bertujuan untuk mencapai beberapa tujuan, termasuk mendefinisikan mata uang crypto dengan jelas dan berpotensi menghapus sebutan “keamanan”. Dengan menetapkan klasifikasi yang tepat untuk token, undang-undang ini berupaya menciptakan kerangka kerja yang stabil untuk bisnis dan investor dalam industri crypto.

Lebih lanjut, upaya ini akan mengatasi ketidakpastian peraturan, merangsang inovasi dan mendorong pertumbuhan yang bertanggung jawab di dalam sektor ini. Hingga saat ini, Gillibrand telah menekankan pentingnya pendekatan yang cermat.

Baca juga: Uni Eropa Memanfaatkan Blockchain untuk Verifikasi Kredensial Pendidikan dan Profesional

RUU yang direvisi akan memberikan pedoman eksplisit tentang prosedur yang diperlukan untuk memperoleh token, menetapkan kerangka kerja komprehensif yang mencakup berbagai aspek tokenisasi.

Undang-undang yang diusulkan akan memberlakukan larangan universal terhadap stablecoin algoritmik. Akan tetapi, pertimbangan lebih lanjut diperlukan untuk menentukan entitas yang berwenang menerbitkan stablecoin dan persyaratan untuk mempertahankan cadangan dolar Amerika Serikat.

Tanggapan CEO Coinbase terhadap Regulasi Crypto

Dalam cahaya tindakan regulasi terbaru, CEO Coinbase, Brian Armstrong, telah mendorong dialog yang lebih konstruktif antara industri crypto dan regulator. Armstrong menekankan perlunya kerjasama dan pemahaman untuk memastikan hasil yang menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat.

Baca juga: Kongres AS Berbenah, Rancangan Hukum Crypto Baru Diungkap oleh Founder Circle!

Secara keseluruhan, dengan Senator Lummis yang mendorong regulasi yang lebih jelas dan pemimpin industri yang meminta dialog yang konstruktif, pencarian regulasi crypto yang seimbang terus berlanjut. Sementara perlunya melindungi investor dan menjaga integritas pasar tidak dapat disangkal, sama pentingnya untuk memastikan bahwa langkah-langkah regulasi ini tidak mencekik inovasi teknologi yang diwakili oleh crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: