AI Jadi Prioritas, Senat AS Usulkan Investasi $32 Miliar

author:

Array

AI Jadi Prioritas, Senat AS Usulkan Investasi $32 Miliar

Jakarta, Pintu News – Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Senat, baru-baru ini mengusulkan rencana investasi sebesar $32 miliar selama tiga tahun ke depan untuk mengembangkan kecerdasan buatan (AI) dan membangun pengaman di sekitarnya.

Usulan ini muncul setelah berbulan-bulan pertemuan dengan para ahli industri dan kritikus AI.

Senator AS Dukung Investasi AI

Sebuah kelompok bipartisan yang terdiri dari empat senator yang dipimpin oleh Pemimpin Mayoritas Senat Amerika Serikat, Chuck Schumer, merekomendasikan agar Kongres menginvestasikan setidaknya $32 miliar selama tiga tahun ke depan untuk mengembangkan AI dan membangun pengaman di sekitarnya.

Baca juga: AI Kuasai Dunia Teknologi: Berikut 4 Crypto AI Teratas yang Patut Dipertimbangkan!

Investasi ini bertujuan untuk menjaga kepemimpinan AS dalam pengembangan AI, meningkatkan kualitas hidup masyarakat Amerika, dan mendukung teknologi yang dapat membantu menyembuhkan beberapa jenis kanker atau penyakit kronis.

AI untuk Daya Saing dan Kualitas Hidup

Kelompok kerja bipartisan mengidentifikasi pentingnya investasi AI untuk menjaga daya saing AS dengan para pesaingnya di luar negeri dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Amerika. AI memiliki potensi untuk membantu menyembuhkan beberapa jenis kanker atau penyakit kronis, serta meningkatkan efisiensi di berbagai sektor.

Meskipun peta jalan ini tidak merupakan rancangan undang-undang atau proposal kebijakan yang konkret, namun memberikan gambaran tentang ruang lingkup dan besarnya apa yang dibayangkan oleh para pembuat undang-undang dan pihak terkait untuk undang-undang AI di masa depan, sehingga menyiapkan panggung untuk kebijakan yang lebih komprehensif dan terperinci.

Transparansi dan Keamanan AI

Usulan para senator juga menyerukan penegakan “hukum yang ada untuk AI,” termasuk mengatasi kesenjangan atau bias berbahaya yang tidak diinginkan, memprioritaskan pengembangan standar pengujian untuk memahami potensi bahaya AI, dan mengembangkan persyaratan khusus kasus penggunaan untuk transparansi dan penjelasan AI.

Baca juga: Pemerintah AS Bersiap Ketatkan Kontrol Ekspor Kecerdasan Buatan (AI)!

Kelompok tersebut juga merekomendasikan persyaratan baru untuk transparansi saat produk AI diluncurkan dan agar studi dilakukan untuk mengkaji potensi dampak AI terhadap pekerjaan dan tenaga kerja AS.

AS Tertinggal dalam Regulasi AI

Upaya untuk mengatur kemajuan pesat AI generatif (genAI) dan pengembangan serta adopsi AI umum tidak hanya dilakukan oleh Kelompok Kerja AI. Pada bulan Februari, Institut Standar dan Teknologi Nasional membentuk Konsorsium Institut Keamanan AI, yang menyatukan lebih dari 200 organisasi untuk menetapkan pedoman keselamatan untuk sistem AI.

Menurut para ahli, AS tertinggal dari beberapa negara lain, termasuk Uni Eropa, yang telah mengambil langkah signifikan dalam mengatur AI. Pada bulan Maret, UE menetapkan undang-undang baru yang komprehensif yang mengatur AI di 27 negara anggotanya, yang memberikan tekanan pada AS untuk mengejar ketinggalan.

Undang-undang tersebut menciptakan pengaman untuk AI tujuan umum, membatasi penggunaan sistem identifikasi biometrik oleh penegak hukum, melarang penilaian sosial daring dan manipulasi AI atau mengeksploitasi kerentanan pengguna, serta memberi konsumen hak untuk mengajukan keluhan dan mendapatkan “penjelasan yang berarti” dari penyedia AI.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CSIS

Array