Sejarah Bitcoin Halving Tahun 2012 – 2024, Ketahui Detailnya Disini!

Sejarah Bitcoin Halving Tahun 2012 – 2024, Ketahui Detailnya Disini!

Dunia crypto kembali di ambang sebuah peristiwa monumental yang dikenal sebagai Halving Bitcoin, sebuah fenomena yang terjadi setiap empat tahun sekali dan berpotensi mengubah peta kekuatan ekonomi digital. Halving ini tidak hanya menurunkan jumlah Bitcoin yang dihasilkan per blok, tetapi juga berpotensi memicu fluktuasi harga yang signifikan, membuatnya menjadi momen yang sangat diantisipasi oleh investor dan pengamat pasar. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Sejarah Halving Pertama di 2012: Awal Mula Tradisi Empat Tahunan

halving bitcoin pertama
Sumber: Coin Codex

Pada November 2012, komunitas Bitcoin menyaksikan halving pertama, di mana hadiah blok berkurang dari 50 BTC menjadi 25 BTC. Ini menandai era baru dalam distribusi Bitcoin, membatasi pasokan dan memicu diskusi tentang dampaknya terhadap nilai.

Halving pertama ini tidak hanya menandai penurunan pasokan baru Bitcoin ke pasar, tetapi juga memulai tradisi yang akan terus mempengaruhi ekonomi crypto selama bertahun-tahun. Dengan pasokan yang lebih terbatas, banyak yang berspekulasi tentang potensi kenaikan harga, meskipun pasar masih sangat muda dan tidak terduga.

Baca Juga: Bitcoin Halving 33 Hari Lagi, Ini Strategi Marathon Digital Holdings!

Halving ke-2 di 2016: Ketika Bitcoin Mulai Menarik Perhatian Dunia

halving bitcoin kedua
Sumber: Coin Codex

Pada Juli 2016, halving kedua terjadi, mengurangi hadiah blok menjadi 12,5 BTC. Ini terjadi di tengah meningkatnya kesadaran publik terhadap Bitcoin dan teknologi blockchain, menandai titik balik penting dalam penerimaan mainstream.

Halving ini datang di saat ketertarikan terhadap Bitcoin dan crypto lainnya mulai meningkat, dengan lebih banyak investor dan spekulan yang terjun ke pasar. Efek dari halving ini terasa luas, dengan harga Bitcoin yang akhirnya mencapai puncaknya di akhir 2017, mencerminkan dampak jangka panjang dari pengurangan pasokan.

Halving ke-3 di 2020: Era Baru Adopsi dan Spekulasi

halving ketiga
Sumber: Coin Codex

Halving ketiga pada Mei 2020 menurunkan hadiah blok menjadi 6,25 BTC, terjadi di tengah booming crypto dan minat institusional yang meningkat. Ini menandai periode di mana Bitcoin tidak hanya dilihat sebagai aset spekulatif, tetapi juga sebagai potensi lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakpastian ekonomi.

Periode ini juga menandai peningkatan signifikan dalam adopsi crypto oleh perusahaan dan investor institusional, menambah legitimasi dan stabilitas pada pasar. Meskipun volatilitas tetap tinggi, banyak yang melihat halving sebagai katalis potensial untuk pertumbuhan harga jangka panjang.

Baca Juga: 5 Top Gainers Crypto Bulan Ini (Maret 2024)!

halving 2024
Sumber: Trading View

Dengan halving berikutnya yang diperkirakan terjadi pada April 2024, komunitas crypto kembali bersiap untuk potensi perubahan dinamika pasar. Pengurangan hadiah blok menjadi 3,125 BTC akan menandai babak baru dalam evolusi Bitcoin, dengan banyak yang berspekulasi tentang dampaknya terhadap pasokan dan permintaan, serta harga secara keseluruhan.

Meskipun prediksi spesifik sulit, banyak yang melihat halving sebagai momen penting yang dapat memicu gelombang baru minat dan spekulasi di pasar crypto, potensial mempengaruhi tidak hanya Bitcoin tetapi juga pasar crypto secara lebih luas.

Kesimpulan

Bitcoin halving adalah salah satu peristiwa terpenting dalam industri kripto, yang mengatur ekonomi penambangan Bitcoin dan memperkenalkan aktivitas harga siklus ke sektor tersebut. Akan ada lebih banyak halving Bitcoin di masa mendatang, karena hal itu akan terus berlanjut hingga Bitcoin terakhir ditambang. Secara total, akan ada 32 halving Bitcoin, yang berarti masih ada 29 halving lagi yang akan datang.

Saat halving berikutnya mendekat, akurasi prediksi tanggal halving Bitcoin meningkat secara signifikan. Hal ini disebabkan oleh jumlah blok yang lebih sedikit dan perhitungan yang lebih tepat di mana blok-blok ini akan diproduksi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi