Awal Baru Pasar Modal Eropa, Securitize Mulai Tokenisasi Aset di Spanyol

author:

Array

Awal Baru Pasar Modal Eropa, Securitize Mulai Tokenisasi Aset di Spanyol

Securitize, platform perdagangan aset digital, telah memulai tokenisasi ekuitas dalam investasi real estate Mancipi Partners di Spanyol. Perusahaan ini berencana untuk meluncurkan perdagangan sekunder di blockchain Avalanche (AVAX) pada bulan September 2023.

Lebih lanjut, langkah ini merupakan bagian dari upaya Securitize untuk melakukan penerbitan ekuitas yang ditokenisasi pertama di bawah rezim uji coba Uni Eropa untuk teknologi ledger terdistribusi.

Securitize dan Tokenisasi Aset: Langkah Besar di Eropa

Securitize telah memasuki lingkungan uji coba Sekretariat Umum Keuangan dan Keuangan Internasional Spanyol, sebuah sandbox untuk sekuritas aset digital. Tokenisasi merujuk pada proses mengubah aset keuangan tradisional, seperti saham dan obligasi, dan menerbitkannya di blockchain.

Baca juga: Avalanche Foundation Kucurkan Dana $50 Juta untuk Tokenisasi Aset!

CEO BlackRock, Larry Fink, bahkan mendukung tren ini dengan menyatakan bahwa “generasi berikutnya untuk pasar, generasi berikutnya untuk sekuritas, akan menjadi tokenisasi sekuritas.”

Securitize telah memulai penerbitan token yang mewakili ekuitas dalam investasi real estate Mancipi Partners. Proses ini melibatkan onboarding investor, penerbitan saham, dan manajemen cap table, semua di bawah pengawasan ketat dari supervisor CNMV Spanyol.

Lebih lanjut, saham-saham ini ditokenisasi di blockchain Avalanche (AVAX), dan perdagangan sekunder dari saham-saham yang ditokenisasi ini diharapkan dimulai pada September 2023. Lingkungan sandbox Spanyol ini merupakan langkah penting bagi Securitize, karena memungkinkan perusahaan untuk melakukan uji coba dunia nyata sebelum mendapatkan lisensi yang diperlukan.

Manfaat Tokenisasi: Efisiensi dan Aksesibilitas

Ketika ditanya tentang keuntungan antara pasar modal yang ditokenisasi dan tradisional, Amparo Garcia Flores, CEO Securitize Europe Brokerage and Markets, menyoroti pelacakan penuh yang berkelanjutan dari sekuritas, efisiensi biaya karena lebih sedikit perantara, dan akses pasar langsung untuk investor ritel.

Tokenisasi dapat mengganggu infrastruktur keuangan saat ini dan menciptakan sistem yang lebih efisien. Menurut Bank of America, pasar untuk aset yang ditokenisasi bisa berkembang menjadi $16 triliun pada 2030, menurut laporan Boston Consulting Group.

Meskipun persetujuan untuk menerbitkan sekuritas yang ditokenisasi di Spanyol adalah pencapaian baru, Securitize sudah memiliki kehadiran yang kuat di negara tersebut. Sebagian besar tim teknologinya adalah orang Spanyol, dan Banco Santander adalah investor awal dalam perusahaan tersebut.

Baca juga: Ripple Labs Siap Guncang Industri Real Estate dengan Tokenisasi!

Securitize dan Masa Depan Tokenisasi di Eropa

Dengan memulai penerbitan token di Spanyol, Securitize menunjukkan komitmennya untuk memperluas operasinya di Eropa. Ini menunjukkan bahwa kesuksesan yang dicapai di Amerika Serikat dapat direplikasi di Eropa.

Layanan yang ditawarkan oleh Securitize di Amerika Serikat mencakup siklus hidup penuh dari token sekuritas, mulai dari penerbitan hingga peningkatan modal, melayani token tersebut dalam hal dividen, pertemuan pemegang saham, penebusan, dan perdagangan sekuritas tersebut di pasar sekunder.

Sementara itu, Securitize berharap untuk mendapatkan lisensi yang diperlukan untuk memperluas operasinya di seluruh Eropa. “Ini adalah momen penting bagi kami,” kata Flores.

Pada akhirnya, dengan memulai tokenisasi aset di Spanyol, Securitize menunjukkan potensi besar dari tokenisasi dalam membentuk masa depan pasar modal. Meski ada tantangan yang harus dihadapi, ini menunjukkan bahwa tokenisasi dapat membawa efisiensi dan aksesibilitas yang lebih besar ke pasar modal.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array