SEC vs Coinbase: Perang Dunia Crypto Hukum Baru Dimulai!

SEC vs Coinbase: Perang Dunia Crypto Hukum Baru Dimulai!

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat telah menanggapi pengajuan terbaru dari Coinbase, menolak argumen yang diajukan oleh bursa untuk membatalkan gugatan yang sedang berlangsung.

Pengajuan tersebut menegaskan kembali yurisdiksi lembaga tersebut atas hukum sekuritas, menjelaskan bahwa Coinbase salah dalam memahami tes Howey dan mengkritik penggunaan “doktrin pertanyaan utama” dalam kasus ini.

SEC Menyerang Coinbase, Menegaskan Yurisdiksi atas Sekuritas

SEC Amerika Serikat telah menjawab pengajuan terbaru Coinbase mengenai kritik bursa terhadap tindakan regulator dalam lingkungan crypto.

Baca Juga: 67 Crypto Kini Disebut Sekuritas oleh SEC, Apa Dampaknya?

Dalam responsnya, SEC menegaskan kembali yurisdiksinya atas kasus sekuritas, menyatakan bahwa tindakan hukum ini terhadap Coinbase adalah bagian dari “penegakan otoritas yang telah lama berlaku untuk menegakkan persyaratan hukum” setelah diotorisasi oleh Kongres pada tahun 1934 untuk melakukan ini melalui tindakan penegakan hukum sipil.

Pembongkaran Tes Howey dan Doktrin Pertanyaan Utama

SEC menyatakan bahwa Coinbase “berusaha untuk membuat tes sendiri tentang apa yang merupakan kontrak investasi” dengan membuat asumsi yang salah tentang apa yang dijelaskan oleh tes Howey, serangkaian pertimbangan yang membantu mengklasifikasikan apakah transaksi adalah kontrak investasi yang tunduk pada hukum sekuritas.

Tanggapan Coinbase terhadap Aksi SEC

Kerjasama Coinbase dan SEC Berakhir: Mengapa Industri Kripto AS Terancam?
Bitcoin.com News

Namun, SEC gagal menanggapi perubahan sikap Ketua Gary Gensler sejak dia mengakui bahwa agensi tersebut “kurang otoritas hukum untuk mengatur bisnis seperti Coinbase” dalam sidang kongres Mei 2021 hingga saat dia mengomentari bahwa dia percaya mereka memiliki “otoritas yang cukup” pada tahun 2022.

Baca Juga: Geram! Industri Crypto Menentang Rencana SEC untuk Mengatur DeFi seperti Bursa Sentralisasi

Paul Grewal, CLO Coinbase, yang pernah menyatakan bahwa interpretasi SEC tentang apa yang merupakan kontrak investasi melanggar hukum, menyatakan bahwa pengajuan ini adalah “sayangnya … lebih dari yang sama.”

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: